Kesehatan

Manfaat Matcha Tea untuk Kesehatan Tubuh

Rabu, 17 Oktober 2018 - 21:41 | 51.66k
Matcha Tea. (FOTO: Bramble Berry)
Matcha Tea. (FOTO: Bramble Berry)

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Beberapa tahun belakangan ini, banyak makanan dan minuman yang menggunakan matcha tea. Teh ini sebenarnya sudah dinikmati oleh masyarakat Jepang dan China selama ratusan tahun.

Matcha tea berasal dari tanaman Camellia Sinensis. Matcha tea memiliki manfaat untuk kesehatan tubuh. Apa saja manfaat matcha tea?

Dilansir dari Antara, berikut ini adalah beberapa khasiat dari matcha tea yang bisa Anda dapatkan.

1. Menstabilkan Kerusakan Akibat Radikal Bebas

Matcha tea kaya akan antioksidan alami, terutama katekin atau senyawa yang ada pada teh. Senyawa tersebut membantu menstabilkan radikal bebas berbahaya yang merusak sel. Saat bubuk matcha dimasukkan ke air panas, teh melepaskan semua nutrisi termasuk antioksidan ke dalamnya. Jumlah katekin dalam matcha adalah 137 kali lebih banyak dibandingkan jenis teh hijau lainnya.

2. Melindungi Jantung

Minum teh matcha dapat melindungi Anda dari penyakit jantung. Matcha menurunkan kadar kolesterol jahat dan trigliserida serta mencegah oksidasi kolesterol LDL. Minum teh matcha dibarengi dengan diet sehat akan menjaga jantung sehat dan melindungi dari penyakit.

3. Melindungi Liver

Liver atau hati memainkan peran penting dalam membuang racun dan memproses nutrisi. Minum teh matcha dapat membantu melindungi hati dari penyakit liver dan ginjal.
 
4. Mencegah Kanker

Teh matcha mengandung epigallocatechin-3-gallate (EGCG), sejenis katekin dan polifenol, antioksidan lain yang telah terbukti memiliki sifat anti kanker yang kuat. Ini dikenal untuk menghambat pertumbuhan sel-sel kanker prostat, kulit, paru-paru dan hati.

5. Meningkatkan Fungsi Otak

Teh matcha meningkatkan fungsi otak dengan meningkatkan fokus, memori, dan reaksi yang lebih cepat. Menurut studi disfungsi kognitif pada orang tua, meminum 2 gram bubuk teh matcha setiap hari dapat meningkatkan fungsi otak pada orang tua.

6. Menurunkan Berat Badan

Matcha green tea membantu mempercepat proses penurunan berat badan dengan meningkatkan metabolisme untuk meningkatkan pengeluaran energi dan pembakaran lemak. Minum teh matcha selama olahraga akan meningkatkan pembakaran lemak hingga 17 persen.

7. Kesehatan Gigi

Secangkir teh matcha akan menjaga gigi Anda tetap sehat. Sebab, sifat antibakterinya menekan pertumbuhan bakteri jahat di mulut. Teh ini juga akan menjaga gigi serta gusi tetap bersih dan segar.

Itulah beragam manfaat matcha tea untuk kesehatan tubuh. Tak ada salahnya lho Anda memasukkan matcha tea dalam menu konsumsi harian Anda. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Deasy Mayasari
Publisher : Rizal Dani
Sumber : Antara News

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES