Gaya Hidup

Ingat, Lima Bahan Makanan ini Haram Masuk Freezer

Rabu, 17 Oktober 2018 - 16:16 | 88.58k
Susu termasuk Bahan Makanan yang Haram Masuk Freezer. (FOTO: Hello Sehat)
Susu termasuk Bahan Makanan yang Haram Masuk Freezer. (FOTO: Hello Sehat)

TIMESINDONESIA, JAKARTAFreezer sangat membantu bahan makanan agar tak cepat rusak. Namun tak semua bahan makanan dapat dimasukkan ke dalam freezer. Bahkan ada yang hukunya haram memasukkan beberapa jens bahan makanan dalam freezer.

Alih-alih membuat awet bahan makanan, malah justru akan merusak kualitas dan kandungan vitamin bahan makanan tersebut.

Nah bahan makanan apa saja yang haram masuk dalam freezzer? Berikut ulasannya.

1. Susu

Susu segar biasanya akan 'aman' jika dimasukkan ke dalam freezer. Namun saat dicairkan susu dapat terpisah menjadi bagian-bagian kecil. Bukan berarti Anda tak boleh mengkonsumsinya, namun tak disarankan untuk menambahkan susu tersebut ke sereal atau kopi.

2. Kentang

Kandungan air yang tersimpan dalam kentang mentah begitu tinggi. Jadi, saat disimpan dalam freezer, jangan heran ketika ingin menggoreng, kentang menjadi lembek. Namun, kentang yang sudah melewati proses pemasakan tidak akan lembek seperti kentang mentah yang sudah dipotong-potong (french fries siap saji).

3. Makanan yang telah digoreng

Sisa nugget atau makanan lain yang telah digoreng seringkali disimpan di dalam freezer kulkas. Jika Anda memiliki kebiasaan tersebut, lebih baik jangan menggorengnya. Cobalah terlebih dahulu untuk memanggang makanan itu di oven.

4. Telur

Menyimpan telur ke dalam freezer merupakan kesalahan besar. Kandungan air di dalam telur akan mengembang ketika di bekukan. Ini dapat menyebabkan cangkang terluar telur menjadi retak dan rentan terhadap bakteri. Jika ingin membekukan telur, pecahkan telur lalu kocok telur. Setelah itu simpan dengan menggunakan wadah kedap udara dan beri label di atasnya.

5. Sayuran dan buah-buahan mentah

Sayuran dan buah-buahan apa pun yang memiliki kadar air tinggi tidak akan bertahan lama dalam freezer. Air di dalamnya akan membentuk kristal es. Itu artinya saat Anda ingin mencairkannya, buah dan sayuran tersebut akan jadi lembek serta tidak dapat dimakan.

6. Daging yang sudah defrost

Jika Anda mengeluarkan daging dari freezer untuk dimasak, jangan pernah membekukan kembali daging tersebut ke dalam freezer. Makanan beku yang dicairkan dapat menarik bakteri lebih cepat. Sebaiknya anda buat beberapa potong daging dalam wadah atau plastik yang berbeda-beda. Sehingga Anda dapat mengambil satu- per satu daging beku sesuai dengan kebutuhan.

Jadi, jangan pernah masukkan bahan makanan tersebut dalam freezer, jika Anda ingin makanan tetap sehat. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Dhina Chahyanti
Publisher : Lucky Setyo Hendrawan

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES