Politik

Pengamat: Baru Era Jokowi Ada Perhatian Lebih Kepada Kaum Disabilitas

Rabu, 17 Oktober 2018 - 13:51 | 199.88k
Presiden Jokowi (FOTO: Setkab)
Presiden Jokowi (FOTO: Setkab)

TIMESINDONESIA, JAKARTAPengamat kebijakan publik Universitas Trisakti, Trubus Rahadiansyah, mengapresiasi komitmen Presiden Jokowi untuk mendorong pemerintah daerah di provinsi, kota, dan kabupaten agar membangun fasilitas publik yang ramah terhadap disabilitas.

Menurut Trubus, baru di pemerintahan Jokowi ini ada perhatian lebih terhadap kaum disabilitas, salah satunya melalui fasilitas sarana publik.

"Pak Jokowi sangat concern dengan ini. Kita memang menekankan kebijakan publik yang berkeadilan, humanis dan egaliter," kata Trubus kepada wartawan, Rabu (17/10/2018).

Selama pemerintahan sebelum Jokowi, lanjut Trubus, kaum disabilitas kurang mendapatkan perhatian dan terpinggirkan.

Dia menilai, dorongan Jokowi kepada pemerintah di daerah agar membangun fasilitas sarana publik yang ramah disabilitas memang sangat tepat. Karena, menurutnya, selama ini kaum disabilitas itu tidak ada perhatian dari pemda.

"Pertama dalam hal fasilitas seperti tortoar kan masih banyak yang tidak ramah untuk disabilitas. Apalagi seperti terminal di daerah. Memang ada beberapa seperti di Jakarta, Purwokerto. Di Jogja juga ada tapi kurang baik dan malah enggak terpakai," ujarnya.

Saat ini, ungkap Trubus, pemerintah mulai membuka mata terhadap kaum disabilitas. Apalagi, kaum disabilitas itu ternyata memberikan prestasi di Asian Para Games 2018 dan mampu mengharumkan nama bangsa.

"Asian Para Games 2018 ini bisa menjadi titik balik untuk penataan berbagai kebutuhan kaum disabilitas karena selama ini mereka termarjinalkan," sebutnya.

Tak hanya fasilitas publik, lanjut Trubus, Jokowi juga memberi perhatian terhadap masa depan karir dari kaum disabilitas. Salah satunya, dengan memberi ruang yang cukup luas kepada mereka untuk menjadi Aparatur Sipil Negara (ASN) melalui formasi khusus di rekrutmen CPNS tahun ini.

"Dulu ada cuma formasinya kecil. Tetapi memang Pak Jokowi sangat komitmen untuk memberi perhatian kepada kaum disabilitas. Termasuk masa depan mereka," ungkapnya.

Dia berharap, komitmen Jokowi untuk memberikan perhatian terhadap kaum disabilitas itu ditegaskan dalam bentuk Peraturan Pemerintah. Dengan begitu, menurutnya, ada payung hukum untuk mewujudkan keinginan Jokowi tersebut.

"Jadi, melalui PP itu kaum disabilitas diberikan segala kebutuhan yang setara dengan yang lainnya. Termasuk fasilitas sarana publik dan juga masa depan mereka agar produktif," tandas Trubus Rahadiansyah, pengamat kebijakan publik Universitas Trisakti(*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Wahyu Nurdiyanto
Publisher : Lucky Setyo Hendrawan
Sumber : TIMES Jakarta

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES