Gaya Hidup

Tips Memilih Tempat Makan Plastik yang Aman untuk Kesehatan

Rabu, 17 Oktober 2018 - 04:23 | 302.20k
Tempat makan plastik. (FOTO: Aliexpress)
Tempat makan plastik. (FOTO: Aliexpress)

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Wadah atau tempat makan berbahan plastik memang lebih digemari daripada yang berbahan kaca. Selain lebih ringan, tempat makan plastik ini juga tidak mudah pecah. Tempat makan ini juga lebih aman untuk tempat bekal anak. Warna dan bentuknya yang beragam tentu membuat anak menjadi lebih semangat untuk membawa bekal.

Namun, demi menjaga kandungan nutrisi dan keamanan makanan, sebaiknya perhatikan bahan plastik yang digunakan. Dilansir dari Femina, berikut ini tiga hal yang perlu Anda ketahui sebelum membeli tempat makan berbahan plastik.

1. Kenali Kode-Kode Plastik
Di bagian dasar setiap wadah plastik biasanya terdapat kode-kode tertentu yang dilambangkan dengan segitiga dan angka di bagian dalamnya. Setiap angka ini menunjukkan bahan dasar pembuat plastik dan instruksi penggunaannya.

Produk plastik dengan angka 1 hanya dapat digunakan satu kali saja. Produk dengan angka 2 dan 4 cukup aman untuk digunakan dua atau tiga kali. Namun, jangan sekali-kali memilih peralatan makan dari plastik bernomor 3, 6, dan 7 karena cukup berbahaya dan berisiko tinggi mencemari makanan dan minuman yang dikonsumsi. Produk plastik yang paling aman digunakan adalah yang bersimbol angka 5.

2. Label BPA-Free
Label BPA-Free yang berarti bebas kandungan BPA. Bisphenol A (BPA) adalah bahan kimia yang banyak digunakan dalam kemasan makanan dan minuman.

Meskipun terus dilakukan penelitan untuk memastikan efek samping penggunaannya, BPA telah dikaitkan dengan berbagai macam efek bahaya bagi kesehatan, mulai dari cacat lahir, masalah dengan otak dan fungsi sistem saraf, kelainan reproduksi, dan beberapa jenis kanker.

3. Label Food Grade
Bila Anda membeli wadah plastik untuk makanan atau minuman, pastikan bahwa wadah tersebut termasuk ke dalam kategori food grade.

Wadah yang berlabel food grade diartikan sebagai wadah yang aman untuk digunakan berkali-kali sebagai tempat menyimpan makanan atau minuman. Logo food grade memiliki simbol gelas dan garpu. 

Tiga hal di atas penting sebagai panduan membeli wadah atau tempat makan plastik. Jangan asal memilih, karena wadah plastik, baik untuk tempat bekal atau tempat makan lainnya, bisa membahayakan kesehatan bahkan menimbulkan kanker. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Deasy Mayasari
Publisher : Rizal Dani

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES