Gaya Hidup

Basmi Jerawat Jamur dengan Sampo

Selasa, 16 Oktober 2018 - 17:07 | 303.16k
Ilustrasi - Tips membasmi jerawat dengan shampo (FOTO: Shutterstock)
Ilustrasi - Tips membasmi jerawat dengan shampo (FOTO: Shutterstock)

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Keberadaan jerawat jamur di wajah, dada atau punggung pasti sangat mengganggu. Cara paling mudah membasmi jerawat jamur dengan menggunakan sampo.

Shereene Idriss, dokter kulit kosmetik di Union Square Laser Dermatology. Ia menjelaskan jerawat jamur sebenarnya bukan masalah jerawat, melainkan suatu kondisi yang disebut pityrosporum folikulitis atau malassezia folikulitis secara ilmiah.

Kondisi ini biasanya disebabkan oleh ragi berlebih yang dikenal sebagai malassezia, yang dalam klasifikasi biologis yang sama dengan jamur, di dalam folikel rambut. Ketika hal ini terjadi, kulit mengalami peradangan, gatal, dan timbul bisul seperti jerawat.

"Jerawat biasanya terjadi pada wajah dan biasanya disebabkan oleh peningkatan produksi minyak, penyumbatan folikel, pertumbuhan bakteri berlebihan dari propionibacterium acnes, atau perubahan hormon," kata Shereene Idriss.

Di sisi lain, ia menambahkan jerawat jamur sering muncul sebagai papula dan pustula yang seragam di dada dan punggung atau di area pakaian oklusif.

"Malassezia sebenarnya hidup di kulit semua orang dan cenderung meningkat selama cuaca panas, lembap atau ketika Anda berkeringat. Malassezia menginfeksi folikel rambut dengan cara yang sama seperti yang dilakukan oleh bakteri jerawat," jelasnya.

Mereka ada di folikel, 'memakan' minyak (baik yang dihasilkan oleh kulit Anda atau ditambahkan oleh produk) dan menyebabkan peradangan. Kadang-kadang, sel-sel kulit mati juga terperangkap di daerah tersebut. Hasilnya adalah jerawat jamur.

Mengatasi jerawat jamur memang berbeda dengan jerawat biasa. Dua bahan seperti benzoyl peroxide dan salicylic acid dapat membuat jerawat jamur semakin betah. Dokter menyarankan untuk memakai sampo yang biasa digunakan untuk membasmi ketombe karena ketombe juga disebabkan oleh malassezia. Anda juga bisa memilih produk yang mengandung zinc pyrithione atau ketoconazole yang bisa membunuh segala jenis jamur malassezia.(*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Dhina Chahyanti
Publisher : Sholihin Nur

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES