Kuliner

Makanan Penting Suku Aztec, Popcorn Kini Jadi Favorit Semua Orang

Selasa, 16 Oktober 2018 - 14:25 | 157.85k
Popcorn (FOTO: Depositphotos)
Popcorn (FOTO: Depositphotos)

TIMESINDONESIA, JAKARTAPopcorn, camilan yang tak pernah terlewatkan jika kita nonton di bioskop. Camilan jagung dengan rasa gurih, manis ini tenar di segala penjuru dunia.

Apakah Anda tahu, dari mana popcorn berasal? Dilansir dari thespruceeats.com, popcorn sudah ada sejak ribuan tahun lalu. Hal ini dibeberkan oleh mahasiswa dari Harvard University yang telah melakukan ekspedisi dalam sebuah gua di New Meksiko.

Popcorn juga disebutkan sebagai makanan penting suku Aztec. Hal itu tertulis dalam diary yang ditulis oleh Hernando Cortes (1485-1547), pemimpin ekspedisi kerajaan Spanyol yang menghancurkan suku Aztec dan menguasai Meksiko di abad 16.

Tak hanya itu, suku Aztec juga memanfaatkan popcorn sebagai hiasan baju, kalung, rambut dan digunakan sebagai persembahan pada berbagai upacara adat lainnya bahkan sebagai persembahan untuk dewa air.

Herbert Dick dan Earle Smith, dua mahasiswa yang melakukan penelitian tahun 1948 menemukan bahwa popcorn telah dibuat sejak 5.600 tahun lalu. Ini bisa dilihat dari penemuan zat karbon terkait dengan popcorn di gua di mana mereka melakukan penelitian. 

Selain ditemukan di Meksiko juga negara sekitarnya, para arkeolog juga menemukan popcorn di beberapa daerah lain termasuk Asia yakni di China, Sumatera dan India jauh sebelum Columbus mengunjungi benua Amerika.

Pada abad 18, popcorn semakin terkenal di Amerika Serikat dan sekitarnya. Popcorn banyak dijual di toko-toko, kios, acara karnaval dan sirkus. Kepopuleran popcorn makin menjadi pada tahun 1885, dimana mesin pembuat popcorn ditemukan oleh Charles Creators asal Chicago.

Hingga kini popcorn tetap menjadi favorit semua orang. Tidak sah rasanya nonton film tanpa ditemani popcorn. Soal rasa, popcorn tak banyak mengalami perubahan, manis asin tetap juara di lidah banyak orang.(*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Dhina Chahyanti
Publisher : Sholihin Nur

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES