Peristiwa Nasional

Ramah untuk Disabilitas, Jokowi Dorong Fasilitas Umum SUGBK Ditiru

Selasa, 16 Oktober 2018 - 11:11 | 44.91k
Presiden Joko Widodo (Foto: setkab)
Presiden Joko Widodo (Foto: setkab)

TIMESINDONESIA, JAKARTAPresiden Joko Widodo (Jokowi) memuji fasilitas umum di Kompleks Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), Senayan Jakarta yang ramah untuk penyandang disabilitas, dan ini layak ditiru di lokasi-lokasi lain.

Didampingi Mensesneg Pratikno, Menteri PUPR Basuki Hadimuljono dan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan, presiden melakukan peninjauan pada Selasa (16/10/2018) pagi WIB.

Fasum yang ditinjau antara lain toilet umum di depan SUGBK, serta akses masuk ke tribun penonton di Zona 5 SUGBK, juga mushola dan trotoar. "Saya kira 80 persen sudah baik," pujinya.

Untuk itu, presiden mengaku ingin mendorong agar semua provinsi, kota dan kabupaten juga ramah terhadap disabilitas. Ke depannya, presiden ingin seluruh bangunan, ruang publik, fasilitas umum dan transportasi akan ramah terhadap disabilitas.

"Mungkin bisa saja dengan cara diberikan insentif atau dikaitkan dengan fasilitas pajak, atau mungkin izin layak fungsi, semuanya. Saya kira di DKI Jakarta sudah ada beberapa yang menerapkan itu, layak fungsi dikaitkan dengan izin-izin itu," imbuhnya.

Presiden juga menambahkan jika ia ingin mengundang perwakilan penyandang disabilitas ke Istana untuk berbicara masalah ini.

Meski memuji, Presiden Jokowi juga menyoroti beberapa kekurangan fasum untuk disabilitas di SUGBK, seperti wastafelnya yang dinilai terlalu tinggi, juga pintu yang seharusnya geser, bukan dorong. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Ronny Wicaksono
Publisher : Dhian Mega
Sumber : Setkab

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES