Peristiwa Daerah

210 Bonsai dan Tanaman Hias Semarakkan HUT Kota Batu

Senin, 15 Oktober 2018 - 16:06 | 174.75k
Wali Kota Batu, Dewanti Rumpoko saat meninjau lokasi pameran tanaman hias, kaktus yang juga ikut dipamerkan memeriahkan HUT Kota Batu ke-17. (FOTO: Muhammad Dhani Rahman/TIMES Indonesia)
Wali Kota Batu, Dewanti Rumpoko saat meninjau lokasi pameran tanaman hias, kaktus yang juga ikut dipamerkan memeriahkan HUT Kota Batu ke-17. (FOTO: Muhammad Dhani Rahman/TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, BATU – Kabar gembira untuk para pecinta tanaman hias, khususnya tanaman bonsai. Selama lima hari di Kota Batu untuk menyemarakkan HUT Kota Batu, digelar Kontes dan Bursa Bonsai serta Tanaman Hias di areal Perumahan Batu Panorama.

Pameran yang dibuka oleh Wali Kota Batu, Dewanti Rumpoko Senin (15/10/2018) ini akan berakhir nanti pada 18 Oktober 2018 mendatang.

Pameran Tanaman Hias bertemakan Florikultura Sahabat Alam Kita ini juga dihadiri oleh Ketua DPRD Kota Batu, Cahyo Edi Purnomo, Wakil Wali Kota Batu, Punjul Santoso, Kasi Tanaman Buah dan Tanaman Hias, Dinas Pertanian Provinsi Jatim, Erlindi Rinintyasari STP MAP, Ketua PPBI Cabang Batu, Muji Kasiono.

Bonsai-2.jpg

Kepala Dinas Pertanian, Sugeng Pramono mengatakan bahwa kegiatan ini merupakan rangkaian HUT Kota Batu yang bertujuan untuk menggali pertanian tanaman hias sebagai penunjang agrowisata Batu.

“Sekaligus kita menghilangkan mindset bonsai yang hanya dilakukan oleh komunitas tertentu saja, padahal sebenarnya tanaman ini bisa dibeli dengan harga yang cukup terjangkau,” ujar Sugeng Pramono.

Ia berharap tahun 2019 pameran ini bisa meningkat skala Nasional sekaligus bisa diselenggarakan Munas PPBI di Kota Batu.

Pameran bonsai ini diikuti 20 daerah kab/kota se Indonesia, mulai dari Jatim, Jateng, Jabar, Sumatera dan Kalimantan.

“Selain berbagai jenis bonsai kita pamerkan disini, nanti ada edukasi merangkai bunga dengan 100 peserta se Malang Raya yang diikuti ibu-ibu dan generasi muda,” terang Sugeng.

Dewanti Rumpoko mengatakan bahwa Kota Batu adalah surganya pertanian, dimana berbagai tanaman terbaik tumbuh di kota ini, termasuk salah satunya Kota Batu adalah pusat bonsai terbaik.

Ia berharap pameran ini tidak hanya membuat masyarakat semakin mudah mendapatkan bonsai berkualitas, namun juga bisa menjadi media pembelajaran dan studi banding petani.

“Saya berharap petani di Batu punya kteatifitas dan semangat yang tinggi. Semoga bonsai bisa menjadi kebanggaan Kota Batu,” ujarnya.

Sementara itu, Ketua Panitia Pameran, Kastam mengatakan bahwa Pameran Bonsai ini adalah pameran tahun kedua.

“Banyak tanaman hias yang sama sekali belum pernah dipamerkan di Kota Batu. Ada juga 300 jenis tanaman hias import yang juga kita pamerkan,” ujar Kastam.

Tidak hanya dipamerkan, pengunjung bisa membeli bonsai yang ada. Paling murah harga bonsai seharga Rp 1,5 juta hingga Rp 250

Tanaman Bonsai paling murah, Rp 1,5 juta hingga Rp 250 juta. “Jumlah total bonsai yang dipamerkan di semarak HUT Kota Batu sebanyak 210 pohon. Tidak hanya kita pamerkan, tapi juga kita lombakan,” ujarnya. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Yatimul Ainun
Publisher : Rochmat Shobirin
Sumber : TIMES Batu

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES