Wisata

Liburan ke Bondowoso, Rugi Tidak Mampir Wisata Desa Tirta Agung

Senin, 15 Oktober 2018 - 12:38 | 682.27k
Pengunjung dari berbagai daerah memadati wisata desa Tirta Agung yang berada di Desa Sukosari Kidul, Sumber Wringin Bondowoso Jawa Timur. (FOTO: Moh Bahri/TIMES Indonesia)
Pengunjung dari berbagai daerah memadati wisata desa Tirta Agung yang berada di Desa Sukosari Kidul, Sumber Wringin Bondowoso Jawa Timur. (FOTO: Moh Bahri/TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, BONDOWOSO – Selain Kawah Ijen dan Kawah Wurung, Bondowoso memiliki sejumlah wisata desa yang sangat eksotis, salah satunya Tirta Agung. Wisatawan yang liburan ke bumi Ki Ronggo, rugi kalau tidak mampir ke tempat ini.

Wisata desa tersebut,  dibuat dari waduk dengan sumber air alami. Di atasnya didirikan beberapa saung, sehingga pengunjung bisa bersantai dan bercengkarama sambil menikmati sejuknya air sawah. 

Wisata-Desa-Tirta-Agung-3.jpg

Sambil menikmati sejuknya suasana, wisatawan juga disuguhkan indahnya ikan hias, tepat dibawah mereka.

Selain itu, juga ada wahana kolam renang untuk anak. Wisata alam buatan itu, berjarak sekitar kurang lebih 28 kilometer dari pusat kota, atau 50 menit perjalanan. 

Biaya yang dikeluarkan untuk bisa menikmati eksotisme wisata ini sangat murah. Pengunjung hanya perlu mengeluarkan uang parkir dan tiket masuk, masing-masing Rp 2000, kemudian bisa berswafoto sepuasnya.

Wisata-Desa-Tirta-Agung.jpg

Pantauan TIMES Indonesia, wisata yang baru diresmikan beberapa bulan lalu, juga menyediakan berbagai menu makanan dan minuman, yang juga bagian dari pengelolaan BUMDes.

Eka salah seorang pengunjung mengaku senang, bisa berlibur ke tempat tersebut. Dia sengaja mengajak istri dan anaknya, untuk mencari suasana yang sangat dekat dengan alam.

“Saya baru pertama ke sini, saya penasaran, soalnya ramai diperbincangkan,” katanya.

Wisata-Desa-Tirta-Agung-2.jpg

Sementara itu, Muhammad Fadil, kepala Pokdarwis Tirta Agung menjelaskan, bahwa wisata desa itu akan terus dilakukan pembenahan, mulai dari perbaikan sampai dengan penambahan wahana.

Lebih jauh dia menjelaskan, bahwa wisata desa itu penting untuk perkembangan ekonomi masyarkata desa. Dalam sebulan, kata dia, Tirta Agung mampu keraup omzet hingga Rp 43 juta

“Saya berharap ini harus diimbangi oleh pemerintah kabupaten atau provinsi. Karena tidak akan maksimal jika pembangunan desa hanya dibebankan ke BUMDes,” pungkasnya, Senin (15/10/2018).

Wisata-Desa-Tirta-Agung-4.jpg

Wisata desa Tirta Agung, terletak di Desa Sukosari Kidul Sumber Wringin, Kabupaten Bondowoso, dan dikelola oleh BUMDes (Badan Usaha Milik Desa) Makmur Sejahtera, dan didatangi oleh ratusan pengunjung setiap harinya, terutama saat weekend. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Wahyu Nurdiyanto
Publisher : Rochmat Shobirin
Sumber : TIMES Bondowoso

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES