Peristiwa Nasional

Pesantren Nusantara Gelar Program Kepemimpinan Global Nusantara di US

Minggu, 14 Oktober 2018 - 17:36 | 43.73k
Imam Shamsi Ali berfoto bersama peserta GLP di Pesantren Nusantara, New York, AS.
Imam Shamsi Ali berfoto bersama peserta GLP di Pesantren Nusantara, New York, AS.

TIMESINDONESIA, NEW YORK – Nusantara Foundation yang sukses membikin Pesantren Nusantara di New York, AS. Saat ini pesantren ini membuat pogram yang diberi nama GLP atau Global Leadership Program.

GLP ini diadakan bekerjasama dengan sekolah-sekolah atau instansi pendidikan lainnya. Peserta dibatasi hanya antara 10 - 12 siswa per angkatan. 

Presiden Nusantara Foundation Imam Shamsi Ali mengatakan, program ini memiliki multi tujuan. Tapi yang paling penting adalah menimbah pengalaman sebanyak-banyaknya; membangun global mind-set (pandangan global); membangun networking; menumbuhkan jiwa independensi; membangun skill bahasa dan public speaking; kunjungan edukasi baik ke berbagai Universitas Amerika, maupun institusi-institusi lain; dan membangun dengan modal spiritualitas yang solid. 

Program ini dilakukan di dua lokasi. "Pada 
Kamis, Jumat, Sabtu di pesantren. Mereka mendapat ragam kegiatan non kurikular, seperti skill dialog, public speaking, English. Sedang pada Senin, Selasa, Rabu, siswa ke New York. Semuanya di sekolah Al-Ihsan Academy dengan kurikulum sekolah resmi," jelas Imam Shamsi Ali.

Sementara minggunya mereka bebas menikmati sekitar pesantren yang ondah. Misalnya "Siswa mengunjungi Kessel dekat pesantren yang indah, aple picking (petik apel), ice skeating. Atau mereka menikmati kota New York yang tak jauh dari lokasi Pesantren Nusantara," tandas Shamsi Ali.

Para peserta juga dipersiapkan program kunjungan ke berbagai universitas ternama di Amerika. Misalnya Harvard, MIT, Columbia, Yale, NYU, Princeton.

"Ada juga kegiatan dialog dengan youth group, khususnya dari kalangan non Muslim (Yahudi dan Kristen). Tujuannya kegiatan ini untuk membuka wawasan tentang orang lain secara proporsional," terangnya.

Kunjungan lainnya, peserta akan diajak ke tempat-tempat yang dikenal di Amerika. Seperti Liberty, White House, Capitol Hills, dan lain-lain di berbagai kota bagian timur US. Setelah itu kembali ke Pesantren Nusantara. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Deasy Mayasari
Publisher : Rizal Dani

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES