Peristiwa Daerah Bondowoso Republik Kopi

Turis Manca Negara Kagumi Mesin Roasting Canggih Karya Warga Bondowoso

Minggu, 14 Oktober 2018 - 14:51 | 89.53k
Ahmad Niam (tengah) bersama dua turis manca negara saat berkunjung ke tempat produksi mesin Roasting kopi miliknya. (FOTO: Moh Bahri/TIMES Indonesia)
Ahmad Niam (tengah) bersama dua turis manca negara saat berkunjung ke tempat produksi mesin Roasting kopi miliknya. (FOTO: Moh Bahri/TIMES Indonesia)
FOKUS

Bondowoso Republik Kopi

TIMESINDONESIA, BONDOWOSOMesin Roasting karya Ahmad Niam, pria asli Bondowoso, mendapat apresiasi dari turis manca negara, yang kebetulan berkunjung ke tempatnya.

Niam, bercerita, bahwa turis tersebut semakin menaruh kekagumannya, manakala mengetahui pendidikan terakhirnya, adalah lulusan SMA.

Bahkan turis yang berasal dari Inggris dan Amerika tersebut, kata pria alumni Pondok Pesantren Nurul Jadid Probolinggo, mengira bahwa dirirnya adalah lulusan teknik elektro.

“Dia tambah heran, kok bisa lulusan pesantren ahli buat mesin yang harganya mahal,” katanya pada TIMES Indonesia, Minggu (14/10/2018).

Roasting-Kopi-Bondowoso-b.jpg

Dia juga memaparkan, bahwa kedatangan turis tersebut, dalam rangka ingin mengetahui kehidupan masyarakat desa Gadingsari Kecamatan Pakem, Kabupaten Bondowoso.

"Sebenarnya, tujuan awal keduanya ke Dam Blimbing, kebetulan ketika lewat di depan rumahnya, mereka berhenti ketika melihat bangunan rumah yang terbuat dari kayu," ucapnya.

Para turis manca tersebut, berada di rumah Niam sekitar 90 menit. Mereka juga disuguhkan kopi khas BRK (Bondowoso Republik Kopi). 

Selain melihat produksi mesin Roasting, mereka juga melihat kegiatan meubel, pengelolaan kopi, hingga tembakau, dan berjanji akan kembali lagi.

Ahmad Niam sendiri, sudah menjadi pegiat kopi di Bondowoso sejak 2013, dan pada 2018 dia mulai memproduksi mesin Roasting canggih, dengan menyerap tenaga kerja. Usahanya itu, mulai disukai turis manca negara.(*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Wahyu Nurdiyanto
Publisher : Sholihin Nur
Sumber : TIMES Bondowoso

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES