Wisata

Kuburan Batu Megalitik di Prayawang, Sumba Timur Kini jadi Tujuan Wisata

Minggu, 14 Oktober 2018 - 12:24 | 273.71k
Kuburan batu (Megalitik) yang terkenal di kampung Prayawang dijadikan tempat wisata(FOTO:Habibudin/TIMES Indonesia)
Kuburan batu (Megalitik) yang terkenal di kampung Prayawang dijadikan tempat wisata(FOTO:Habibudin/TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, SUMBA TIMUR – Salah satu keunikan pulau Sumba khususnya di Kabupaten Sumba Timur, Nusa Tenggara Timur (NTT) adalah keberadaan kuburan batu megalitik yang terletak di kampung Prayawang, desa Rindi Kecamatan Rindi. Tempat ini kini mulia ramai sebagai salah satu tujuan wisata.

Pantauan TIMES Indonesia, di kuburan ini terdapat ukiran-ukiran atau relief indah yang menggambarkan manusia dan hewan seperti kuda, kerbau, ayam, buaya dan tanduk kerbau ditambah miniatur rumah adat dan rupa-rupa perhiasan sebagai lambang kebangsawanan dan kekayaan pemiliknya.

“Ukuran sebuah batu kubur ini menjadi ceritera tentang banyak hal seperti status kebangsawan dan kekayaan pemiliknya karena tak semua mampu mendirikan batu kubur sebesar raksasa sebab mengerjakannya membutuhkan waktu, biaya dan tenaga untuk menariknya,” tutur Umbu Hanis warga kampung Prayawang saat dikonfirmasi Minggu (14/10).

Menurutnya, kuburan ini bisa ditemukan di hampir beberapa tempat di pulau Sumba. Namun paling banyak dikunjungi para wisatawan yakni di kampung Prayawang karena kuburan ini dilengkapi dengan rumah adat Sumba Timurnya.

Umbu menambahkan, tradisi kuburan batu megalitik di Sumba sangat terasa dengan pemujaan leluhur yang tercermin dari upacara-upacara ritual yang masih berlangsung hingga saat ini. Hal tersebut tak terlepas dari kepercayaan asli masyarakat Sumba.

“Jadi tradisi inilah yang sangat menarik bagi wisatawan saat hendak berwisata di kampung Prayawang, tentunya tempat ini terus dijaga dan dirawat kebersihannya sehingga menjadi tempat bersejarah para leluhur orang Sumba,” ungkapnya. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Faizal R Arief
Publisher : Sholihin Nur
Sumber : TIMES Sumba

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES