Gaya Hidup

Sering Iri Melihat Postingan Teman di Media Sosial? Ini Tips Mengatasinya

Minggu, 14 Oktober 2018 - 02:15 | 146.41k
ILUSTRASI: Iri Melihat Postingan Teman di Media Sosial. (FOTO: Trivia)
ILUSTRASI: Iri Melihat Postingan Teman di Media Sosial. (FOTO: Trivia)

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Studi terbaru menunjukkan bahwa penggunaan media sosial bisa memicu rasa iri. Terapis Dr Susan Krausse-Whitbourne dan James Robinson menduga bahwa foto yang diunggah oleh orang-orang dengan kehidupan yang lebih menarik daripada Anda adalah hal yang menimbulkan rasa iri.

Jika hal ini terjadi, bisakah kita mengatasinya? Dilansir dari Tempo, Krausse-Whitbourne dan Robinson memberikan beberapa tips untuk membantu memerangi rasa iri Insta (Insta Envy).

1. Ubah Rasa Iri Jadi Kagum

Robinson mengatakan sisi lain dari iri adalah kekaguman maka ubahlah rasa iri kepada rasa kagum.

"Ketika Anda melihat seseorang yang bepergian atau memiliki kemampuan untuk melakukan pekerjaan itu, cobalah untuk memahami bagaimana mereka sampai di sana dan belajar dari kemampuan orang-orang itu dan apa yang telah mereka lakukan," ujarnya.

2. Berbicaralah pada Orang yang Dikenal

"Temukan sesuatu dengan seseorang yang memiliki hubungan dekat, yang memberi kehangatan dan rasa memiliki," saran Krauss Whitborne. Hubungan yang lebih dekat itu juga menjaga persepsi tentang kehidupan daring orang-orang lain.

3. Cari Tahu Foto yang Bikin Iri

Ketahui dan cari tahu foto yang bikin iri serta mengapa dapat menghadirkan beberapa kategori fantasi yang berbeda. Anda mungkin memiliki satu teman yang mengunggah foto dari petualangan mereka di tujuan yang berbeda setiap hari, dan kemudian ada satu teman yang seluruh Instagram-nya seperti papan bingo kebahagiaan.

"Itu tidak realistis. Sebagai terapis, saya dapat memberitahu itu tidak terjadi dan itu tidak akan benar-benar menjadi hal yang baik jika terjadi," kata Robinson.

Itulah tiga cara agar kita tidak memiliki rasa iri dengan postingan orang lain di media sosial. Anda ingin mencobanya? (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Deasy Mayasari
Publisher : Rochmat Shobirin

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES