Selasa, 23 Oktober 2018
Peristiwa - Daerah

Rakernas II PERADI Bahas Soal Program Advokat Digital sampai Rekonsiliasi

Rakernas II PERADI Bahas Soal Program Advokat Digital sampai Rekonsiliasi Ketua Umum Dewan Pimpinan Nasional Perhimpunan Advokat Indonesia, Dr Juniver Girsang SH MH saat memberikan keterangan pers dan suasana pembukaan Rakernas II PERADI. (FOTO: Muhammad Dhani Rahman/TIMES Indonesia)
Jum'at, 12 Oktober 2018 - 23:31

TIMESINDONESIA, BATU – Pertemuan sekitar 400 Advokat se Indonesia dalam Rapat Kerja Nasional (Rakernas II PERADI) di Hotel Golden Tulip, di Kota Batu, Jumat (12/10/2018) selain untuk memperkuat silaturahmi, juga untuk menyosialisasikan program Advokat Digital hingga merencanakan perbaikan internal keorganisasian.

Ketua Umum Dewan Pimpinan Nasional Perhimpunan Advokat Indonesia, Dr Juniver Girsang SH MH mengatakan secara khusus PERADI menghadirkan Dirjen Badan Peradilan Umum, Dr H Herri Swantoro SH MH yang terlibat langsung membidani lahirnya E court (layanan elektronik pengadilan berbasis aplikasi yang bekerja secara daring) yang diinisiasi oleh Mahkamah Agung RI.

“Beliau (Herry) yang terlibat langsung dalam E Court, nanti menjadi narsum bisa menceritakan awal pembuatan hingga apa saja manfaat yang bisa diambil dari program ini,” ujar Juniver.

Rakernas-II-PERADI-Batu.jpg

Bagi anggota PERADI menjadi sebuah keharusan menjadi Advokat Digital, karena jika tidak menguasai teknologi, mereka tidak akan bisa melaksanakan tugasnya sebagai seorang advokat.

Jika ada anggota PERADI yang belum menguasai, menurut Juniver maka pihaknya akan merekomendasikan untuk melakukan pendampingan kepada DPC yang belum mampu menguasai teknologi digital.

Dalam kesempatan itu, ia mengucapkan terima kasih atas kerja DPC PERADI Malang Raya yang sudah menyelenggarakan Rakernas II PERADI.

Selain menyosialisasikan penggunaan teknologi, dalam Rakernas ini juga dibahas beberapa agenda rutin seperti mengevaluasi kinerja cabang.

“Apa yang menjadi masalah, kita bahas, kita pecahkan bersama-sama. Ada salah satu rekomendasi yang akan kita keluarkan dalam Rakernas ini, salah satunya merekomendasikan rekonsiliasi PERADI,” ujar Juniver.

Press-confers-Rakernas.jpg

Ditempat yang sama Ketua DPC PERADI Malang Raya, Iwan kuswardi, SH menambahkan PERADI Malang Raya sudah membuat buku direktori yang berbentuk semacam website yang bisa diakses masyarakat yang langsung tersambung dengan link Mahkamah Agung RI.

“Kalau pencari keadilan ragu dengan identitas Advokat yang akan mendampingi, bisa langsung dicek di buku direktori ini, jadi pelayanan hukum secara digital ini semakin memudahkan pencari keadilan,” katanya.

Sementara itu, suasana pembukaan Rakernas berlangsung semarak selain tamu undangan dari MA RI yang hadir, hadir pula Inspektur Jendral Polisi Drs Mas Guntur Laupe SH MH, Kepala Divisi Hukum, Mabes Polri.

Pembukaan Rakernas II PERADI dimeriahkan tarian Bapang dan Tari Buto. Wali Kota Batu, Dewanti Rumpoko mengucapkan sugeng rawuh dan terima kasih kepada PERADI yang menggelar Rakernas di Kota Batu. (*)

Jurnalis : Muhammad Dhani Rahman
Editor : Faizal R Arief
Publisher : Rochmat Shobirin
Sumber : TIMES Batu

Komentar

Registration