Kesehatan

Benarkah Makan Buah Meningkatkan Risiko Diabetes Tipe 2?

Sabtu, 13 Oktober 2018 - 05:26 | 75.00k
ILUSTRASI. (FOTO: Merdeka)
ILUSTRASI. (FOTO: Merdeka)

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Buah adalah salah satu makanan sehat yang mengandung beragam zat gizi bermanfaat bagi tubuh. Namun, rasa manis yang ada pada buah diduga dapat meningkatkan risiko diabetes tipe 2. Benarkah berlebihan makan buah bisa memicu diabetes tipe 2?

Setiap makanan memiliki indeks glikemik (IG). Ini adalah ukuran untuk kandungan karbohidrat, yang nantinya berpengaruh terhadap kadar gula darah.

Dilansir dari Klik Dokter, sebagian besar buah-buahan adalah tipe makanan dengan IG rendah. Oleh karena itu, buah dapat dikatakan tidak meningkatkan risiko diabetes tipe 2 selama tidak diolah macam-macam atau dikonsumsi dalam jumlah berlebihan.

Bahkan, The American Diabetes Association merekomendasikan para penderita diabetes untuk mengonsumsi buah dalam jumlah cukup setiap hari.

Senada dengan itu, sebuah studi di Tiongkok menemukan hubungan yang signifikan antara makan buah segar dan penurunan risiko diabetes. Peneliti juga meyakini bahwa makan buah segar dapat menurunkan risiko gangguan pembuluh darah pada penderita diabetes.

Perlu Anda ketahui, penyebab diabetes adalah hal yang kompleks. Akan tetapi, makan buah tidak termasuk sebagai salah satu faktor yang berperan pada terjadinya penyakit mengerikan tersebut.

Meski demikian, Anda tetap dianjurkan untuk membatasi asupan makan buah agar tidak berlebihan. Di samping itu, jangan lupa juga untuk mengombinasikan konsumsi buah dengan makanan sehat pada porsi yang tepat serta penerapan gaya hidup sehat agar diabetes tipe 2 benar-benar tidak terjadi di kemudian hari. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Deasy Mayasari
Publisher : Rochmat Shobirin

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES