Selasa, 23 Oktober 2018
Peristiwa - Daerah

Rakernas II, PERADI Siap Cetak Advokat Digital

Rakernas II, PERADI Siap Cetak Advokat Digital Para advokat se-Indonesia yang tergabung dalam PERADI menggelar Rakernas selama tiga hari di Kota Batu. (Muhammad Dhani Rahman/TIMES Indonesia)
Jum'at, 12 Oktober 2018 - 18:55

TIMESINDONESIA, BATU – Perhimpunan Advokat Indonesia (Peradi) siap menyesuaikan diri dengan kemajuan sains dan teknologi dengan menjadi Advokat Jaman Now atau Advokat Digital.

Para advokat yang tergabung dalam PERADI menegaskan mampu bekerja without boundary, 24 hours online, interaktif, hyperlink, effective and efficient.

“Advokat zaman now, harus mahir mengoperasikan komputer, gadget teknologi terbaru yang terkoneksi dengan dunia maya dan harus terbiasa berkomunikasi multi bahasa secara online dengan klien,” ujar Ketua Umum Dewan Pimpinan Nasional Perhimpunan Advokat Indonesia, Dr Juniver Girsang SH MH.

Hal ini harus dilakukan oleh Advokat mengingat proses hukum mulai dari laporan di Kepolisian, gugatan/permohonan yang berujung pada putusan pengadilan hingga level Mahkamah Agung (MA) Republik Indonesia mengalami digitalisasi untuk mewujudkan proses hukum yang sederhana, cepat dan biaya murah.

E-court (layanan elektronik pengadilan berbasis aplikasi yang bekerja secara daring) yang diinisiasi oleh MA menjadi contoh konkret tantangan para advokat.

PERADI sudah menggandeng MA menggelar sosialisasi e-court kepada seluruh Advokat di Indonesia.

Kesiapan PERADI ini ditunjukkan dalam Rapat Kerja Nasional II dan Seminar Nasional PERADI yang dilaksanakan di Hotel Golden Tulip Kota Batu Jumat (12/10/2018) hingga Minggu (14/10/2018).

Dalam Rakernas para anggota PERADI menegaskan siap menjawab tantangan dan peluang di era digital demi meningkatkan pelayanan hukum secara digital yang lebih efektif dan efisien.

Rakernas dibuka Jumat (12/10/2018) malam ini oleh Juniver. Hadir pula dalam pembukaan Dirjen Badan Peradilan Umum, Dr H Herri Swantoro SH MH, Kapolda Jatim Irjen Pol Drs Luki Hermawan, Kepala Kejaksaan Tinggi Jawa Timur, Dr Sunarta SH MH dan Wali Kota Batu, Dewanti Rumpoko.

Rakernas ini dihadiri 400 advokat dari 38 Dewan Pimpinan Cabang (DPC) Peradi dan 1 Dewan Pimpinan Daerah (DPD) khusus Ambon. (*)

Jurnalis : Muhammad Dhani Rahman
Editor : Ferry Agusta Satrio
Publisher : Rochmat Shobirin
Sumber : TIMES Batu

Komentar

Registration