Selasa, 23 Oktober 2018
Peristiwa - Daerah

Warga Binaan Lapas Sidoarjo Ikuti Latihan Pramuka

Warga Binaan Lapas Sidoarjo Ikuti Latihan Pramuka Kalapas Muhamad Susanni bersama Wakil Ketua Kwarcab Gerakan Pramuka Sidoarjo, Suparman saat prosesi penyematan baret secara simbolis kepada perwakilan warga binaan. (FOTO: Rudi Mulya/TIMES Indonesia)
Jum'at, 12 Oktober 2018 - 16:14

TIMESINDONESIA, SIDOARJO – Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) mempunyai peran statergis dalam memberikan pembinaan moralitas warga binaannya, salah satunya dengan melibatkan warga binaan mengikuti latihan Pramuka.

Bekerja sama dengan Kwartir Cabang Gerakan Pramuka Sidoarjo, Lapas kelas IIA Sidoarjo mengadakan latihan Pramuka bagi Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP).

Binaan-Lapas-Sidoarjo-2.jpg

Kepala Lapas (Kalapas) Kelas IIA Sidoarjo Muhamad Susanni memimpin langsung Upacara Pembukaan Latihan Pramuka di lapangan Lapas IIA Sidoarjo.

Kepada jurnalis, Kalapas Muhamad Susanni mengatakan jika Gerakan Pramuka bisa menjadi wadah agar para warga binaan pemasyarakatan (WBP) bisa lebih mandiri, terampil, disiplin dan berprestasi, yang mana semua hal itu bisa diaplikasikan dalam kehidupan sehari-hari.

“Saat ini Latihan Pramuka sudah diterapkan di beberapa lapas, bahkan mereka yang berprestasi berkesempatan juga untuk ikut dalam ajang Pramuka seperti acara Raimuna Nasional,” kata kalapas usai memberikan arahan kepada WBP, Jumat (12/10/2018).

Lebih jauh, Kapalas yang baru menjabat memimpin Lapas Kelas IIA Sidoarjo ini menambahkan agar jangan menjadikan latihan pramuka ini sebagai suatu perintah saja, tapi harus benar-benar terjun, ambil ilmu dan manfaatnya, baik itu di sini atau nanti saat sudah para WBP ini bebas.

Binaan-Lapas-Sidoarjo-3.jpg

"Pelatihan Pramuka ini harus diambil ilmu dan manfaatnya. Dan setelah para WBP ini bebas maka ilmu (pelatihan pramuka) ini sangat bermanfaat," harapnya.

Sementara itu, Wakil Sekretaris Kwarcab Sidoarjo Kusdianto atau biasa disapa Kak Kus mengatakan sebagai awal, ada 20 WBP yang ikut pelatihan ini. Selain materi kepramukaan pada umumnya, ada materi bela negara yang akan disampaikan kepada warga binaan. 

“Kami akan memotivasi semangat dan mental mereka untuk siap kembali ke masyarakat, sesuai Dasa Dharma Pramuka telah jelas bahwa mereka harus punya karakter, mental, moral dan watak yang kuat untuk disatukan kepada masyarakat. Dan selanjutnya latihan pramuka ini akan rutin dilaksanakan pada hari Jumat sore," ucapnya.

Dalam kegiatan ini, Kak Kus melakukan penyematan baret secara simbolis bersama Kalapas Muhamad Susanni dan Wakil Ketua Kwarcab Gerakan Pramuka Sidoarjo Suparman kepada 2 perwakilan warga binaan. (*)

Jurnalis : Rudi Mulya
Editor : Wahyu Nurdiyanto
Publisher : Lucky Setyo Hendrawan
Sumber : TIMES Sidoarjo

Komentar

Registration