Selasa, 23 Oktober 2018
Peristiwa - Nasional

Presiden Jokowi Berharap Forum IMF-World Bank Berlangsung Produktif

Presiden Jokowi Berharap Forum IMF-World Bank Berlangsung Produktif Presiden Joko Widodo (Foto: setkab)
Jum'at, 12 Oktober 2018 - 16:06

TIMESINDONESIA, DENPASARPresiden Joko Widodo (Jokowi) berharap pertemuan tahunan IMF-World Bank di Bali akan berlangsung produktif dan bisa memberikan solusi bagi permasalahan dunia saat ini.

Saat membuka acara annual meetings di Nusa Dua Hall Bali Nusa Dua Convention Center, Bali, Jumat (12/10/2018), presiden mengingatkan jika situasi global saat ini sudah semakin karut marut.

"Kami bergantung kepada Bapak/Ibu semuanya, para pembuat kebijakan moneter dan fiskal dunia untuk menjaga komitmen dan kerjasama global," ucapnya seraya menyampaikan harapan kepada para peserta akan berkontribusi dalam mendorong para pemimpin-pemimpin dunia untuk menyikapi keadaan ini secara tepat.

Mengutip pernyataan Sekjen PBB Antonio Guterres bahwa waktu sudah sangat mendesak bagi dunia untuk bertindak dalam skala besar-besaran guna mencegah kehancuran dunia akibat perubahan iklim global yang tak terkendali, presiden mendesak semua pihak untuk bertanya apakah sekarang saat yang tepat untuk rivalitas dan kompetisi.

"Ataukah saat ini merupakan waktu yang tepat untuk kerja sama dan kolaborasi. Apakah kita terlalu sibuk untuk bersaing dan menyerang satu sama lain sehingga kita gagal menyadari adanya ancaman besar yang membayangi kita semuanya. Apakah kita gagal menyadari adanya ancaman besar yang dihadapi oleh negara kaya maupun miskin," ujarnya.

Presiden meyakini bahwa saat ini dunia masuk pada sesi terakhir dari pertarungan ekspansi ekonomi global yang penuh rivalitas dan persaingan. Ia mengingatkan, situasi ke depan bisa jadi bakal lebih genting dibanding krisis finansial global 10 tahun lalu.

Selain itu Presiden Jokowi juga berharap para peserta forum IMF-World Bank menikmati kunjungan mereka selama di tanah air. "Saya harap Bapak Ibu semuanya mampu menyerap tenaga dan memetik inspirasi indahnya alam Bali dan Indonesia untuk menghasilkan kejernihan hati dan pikiran dalam memperbaiki kondisi finansial global untuk kebaikan kita bersama," pungkasnya. (*)

Jurnalis : Ferry Agusta Satrio
Editor : Ronny Wicaksono
Publisher : Dhian Mega
Sumber : Setkab

Komentar

Registration