Jum'at, 19 Oktober 2018
Peristiwa - Daerah

Kemenpora Selenggarakan Tes Pengukuran Kebugaran di Kabupaten Karangasem

Kemenpora Selenggarakan Tes Pengukuran Kebugaran di Kabupaten Karangasem Tes pengukuran kebugaran masyarakat Indonesia atau Sport Development Index (SDI) di Kabupaten Karangasem.
Jum'at, 12 Oktober 2018 - 14:17

TIMESINDONESIA, DENPASAR – Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) bekerjasama dengan Disdikpora Kabupaten Karangasem mengadakan tes pengukuran kebugaran masyarakat Indonesia atau Sport Development Index (SDI) di Kabupaten Karangasem, Bali.

Pelaksanaan SDI dibuka oleh Kepala Dinas Pendidikan, Pemuda dan Olahraga Kab. Karangasem I Gusti Ngurah Kartika di GOR Gunung Agung Amlapura,Jumat (12/10/2018) pagi. 

Sri Maryati Kepala Sub. Bidang Pengembangan Pusat Kebugaran Kemenpora menjelaskan tujuan SDI menakar sejauh mana pembangunan bidang olahraga di Kabupaten Karangasem.

Hal ini karena, Kabupaten Karangasem terpilih mewakili Provinsi Bali untuk mengukur tingkat kebugaran masyarakat Indonesia secara keseluruhan.

pengukuran-kebugaran-2.jpg

Dari populasi masyarakat Indonesia yang ada, timnya akan mengambil responden sebagai sampel acak dari 34 kota di 34 Provinsi yang ada di Indonesia.

"Satu kota diambil respondennya sebanyak 100 orang," ungkapnya.

Ia menambahkan, jumlah responden atau indeks penelitian yang ada belum bisa mengukur tingkat kebugaran masyarakat Indonesia secara akurat. Namun, tambahnya, dengan penelitian ini sudah bisa diukur pada level mana kebugaran masyarakat Indonesia.

Dijelaskannya, ada beberapa item yang digunakan untuk mengukur Sport Index Development. Yang pertama adalah jumlah tenaga olahraga yang ada dalam suatu kota.

Kedua, jumlah ruang publik untuk berolahraga. Ketiga, partisipasi masyarakat. Untuk mengukur partisipasi masyarakat ini, katanya, para responden akan dibagikan kuisioner dengan sepuluh item pertanyaan.

"Misalnya pertanyaan berapa kali seseorang berolahrga dalam seminggu," paparnya.

Jurnalis : Andi Basuki Wicaksono
Editor : Wahyu Nurdiyanto
Publisher : Rizal Dani
Sumber : TIMES Bali

Komentar

Registration