Minggu, 16 Desember 2018
Peristiwa - Daerah

Jumlah Penderita Gangguan Jiwa Di Sumenep Menurun

Jumlah Penderita Gangguan Jiwa Di Sumenep Menurun Kusmawati, Kabid Pencegahan dan Pengendalian Kesehatan Masyarakat, Dinas Kesehatan (Dinkes) Sumenep. (FOTO: Ach. Qusyairi Nurullah/TIMES Indonesia)
Jum'at, 12 Oktober 2018 - 13:15

TIMESINDONESIA, SUMENEP – Kepala Bidang Pencegahan dan Pengendalian Kesehatan Masyarakat, Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Sumenep, Jawa Timur, Kusmawati mengatakan penderita gangguan jiwa di Sumenep mulai menurun.

Berdasarkan data statistik di Dinkes Sumenep, pada tahun 2016 tercatat sebanyak 510 orang penderita ganguan jiwa, naik menjadi 638 penderita di tahun 2017, kemudian turun menjadi 458 penderita pada tahun 2018.

Menurut Kusmawati, penurunan penderita itu bagian dari hasil keringat tenaga medis untuk memberikan pelayanan pengobatan yang maksimal kepada penderita.

"Kami mengupayakan setiap Puskesmas memiliki Poli Jiwa yang akan membantu memberikan obat jiwa hingga pasien benar-benar sembuh," katanya pada wartawan, Jum'at, (12/10/2018)

Lebih lanjut, Kusmawati menghimbau kepada masyarakat yang memiliki keluarga penderita gangguan jiwa, hendaknya segera dibawa ke puskesmas di Sumenep yang terdekat, sehingga dapat pengobatan yang intensif dari tenaga medis. (*)

Jurnalis : Ach Qusyairi Nurullah
Editor : Faizal R Arief
Publisher : Lucky Setyo Hendrawan
Sumber : TIMES Madura

Komentar

Registration