Indonesia Positif Ketahanan Informasi Desa

Sisi Lain TMMD Kodim Sleman Rehat, Sejenak plus Jalin Keakraban dengan Warga

Jumat, 12 Oktober 2018 - 08:33 | 17.10k
TNI dan warga istirahat usai kerja bakti di lokasi TMMD Kodim Sleman.
TNI dan warga istirahat usai kerja bakti di lokasi TMMD Kodim Sleman.
FOKUS

Ketahanan Informasi Desa

TIMESINDONESIA, SLEMAN – Prajurit TNI dan warga di Desa Balecatur selalu bekerja bersama. Bahkan makan bersama dan bercanda layaknya sebuah keluarga. Itu sebagai cermin kemanunggalan TNI dan Masyarakat di lokasi TMMD Kodim Sleman di Desa Balecatur.

Program TNI Manunggal Membangun Desa ke-103 di desa Balecatur bukan saja tentang kontribusi TNI dan warga di dalam membangun infrastruktur untuk kemajuan desa.

Namun di balik itu, ada nilai kebersamaan antara TNI dan warga, ada jalinan silaturahmi yang memperkuat keberadaannya tak bisa saling dipisahkan.Selama Pra TMMD berlangsung hingga pembukaan TMMD, Anggota Satgas wajib menginap di rumah-rumah penduduk desa.

Dari situ, TNI dan rakyat semakin erat hubungan emosionalnya. Prajurit TNI bukan saja menginap namun mereka juga sering memasak dan makan bersama-sama di masing-masing rumah warga ataupun dilokasi pekerjaan TMMD.

Dandim 0732/Sleman Letkol Infanteri Diantoro,S.IP mengungkapkan,TNI tidak bisa dipisahkan dari rakyat Indonesia. Keberadaan TNI dari awal kelahiran selalu bersama rakyat.

“Sejarah mencatat, Panglima Besar Jenderal Sudirman perang gerilya melawan musuh NKRI dilakukan bersama-sama dengan rakyat. Itulah cikal bakal, TNI lahir dan tidak bisa dipisahkan dengan rakyat,”ujarnya.

Lebih lanjut dirnya disampaikan, TMMD juga bagian dari implementasi kemanunggalan TNI dengan rakyat, karena itu TNI harus turun ke desa-desa dan dusun untuk ikut serta memajukan Indonesia dari wilayah pedesaan.

“Seluruh personel yang terlibat dalam TMMD tidur di rumah-rumah penduduk, termasuk logistik yang memasak dilakukan oleh masyarakat,”ungkapnya.

Dandim mengungkapkan, kebersamaan TNI di lokasi TMMD Kodim Sleman bersama warga merupakan simbol kemanunggal TNI dengan rakyat. “TNI tidak bisa dipisahkan dari rakyat karena inti kekuatan pertahanan NKRI terletak pada kemanunggalan TNI dan rakyat,” tuturnya. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Publisher : Rochmat Shobirin

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES