Kamis, 13 Desember 2018
Ketahanan Informasi Ketahanan Informasi Desa

Cegah Jalan Longsor, Begini Upaya TNI di TMMD Kodim Sleman

Cegah Jalan Longsor, Begini Upaya TNI di TMMD Kodim Sleman TNI membangun talud untuk mencegah longsor di lokasi TMMD Kodim Sleman. (Foto: AJP/TIMES Indonesia)
Jum'at, 12 Oktober 2018 - 08:23

TIMESINDONESIA, SLEMAN – Pembangunan Talud jalan merupakan salah satu hal dikerjakan dalam program TMMD Kodim Sleman. Talud di sebelah kanan-kiri bahu jalan dengan kontur wilayah yang tandus dan gersang serta berkapur. 

Musim hujan yang akan datang bisa mengakibatkan tanah longsor adalah ancaman utama dari sebuah jalan yang telah dibangun. Sehingga dalam membangun jalan jangan setengah-setengah, akses pendukung seperti Talud dan saluran drainase juga harus dikerjakan satu paket.

Pasiterdim 0732/Sleman Kapten Inf Nugroho yang juga merupakan Koordinator Satgas TMMD selalu berkoordinasi dengan Dinas PU Kabupaten Sleman guna menjaga kualitas maupun kuantitas bangunan sasaran fisik TMMD.

Jadi pembangunan Talut dengan total panjang 1000 meter tersebut, juga tidak mengesampingkan ploting gambar yang dianjurkan oleh Dinas Pekerjaan Umum Sleman.

Sebelumnya dalam tahap Pra TMMD, Koordinator Satgas TMMD beserta perangkat desa maupun kecamatan serta pegawai PU Sleman terlibat pengukuran ketebalan dan ketinggian talud sesuai dengan aturan dari Dinas PU.

Dalam pelaksanaan pembangunan, jika hasil talud belum sesuai akan diperbaiki. Karena talud ini nanti akan banyak menahan beban terutama dari atas.

Konstruksi menurut anjuran Dinas PU Kabupaten Sleman, mutlak untuk ketahanan dan durasi pakai. Namun ini semua hanyalah rancangan manusia, faktor alamlah yang akan yang menentukan awet atau tidaknya suatu bangunan.

Prajurit Kodim Sleman dan warga melanjutkan pembangunan Talud dengan bersama-sama mencampurkan pasir dan semen kedalam molen agar hasil adonan matang. Sehingga kualitas Talud di lokasi TMMD Kodim Sleman. akan kuat dan berdaya guna lama dalam menahan beban. (*)

 

Jurnalis : Adit Setiawan (CR-116)
Editor : AJP 1/ DJ 008
Publisher : Rochmat Shobirin

Komentar

Registration