Kamis, 13 Desember 2018
Peristiwa - Daerah

Wali Kota Rukmini Gelontor Ribuan Bak Sampah Beroda

Wali Kota Rukmini Gelontor Ribuan Bak Sampah Beroda Penyerahan bak sampah beroda oleh Walikota Probolinggo, Hj. Rukmini. (FOTO: Happy L. Tuansyah/TIMES Indonesia)
Jum'at, 12 Oktober 2018 - 09:22

TIMESINDONESIA, PROBOLINGGO – Upaya menciptakan lingkungan bersih dan sehat terus dilakukan Pemkot Probolinggo. Salah satu mengatasi hal itu, Wali Kota Rukmini menggelontorkan bantuan berupa bak sampah beroda sebanyak 1.256 unit, yang nantinya akan disebar di seluruh kota.

Sebagai informasi, sumber sampah di TPA Bestari Kota Probolinggo, didominasi sampah dari perumahan, pasar, hotel dan restoran. Lalu instansi perkotaan, industri, pertokoan, terminal, rumah sakit dan taman-taman kota.

Informasi tersebut disampaikan Rukmini saat membuka sosialisasi Peraturan Daerah Kota Probolinggo No. 5 tahun 2010 tentang pengelolaan sampah. Acara tersebut, diikuti oleh perwakilan sekolah SMP dan SMA se-Kota Probolinggo.

Mayoritas sampah yang diangkut ke TPA, merupakan sisa makanan. Komposisi sampah di TPA Bestari terdiri dari 46,9 persen sisa makanan, 14,3 persen sampah kebun, 16,6 persen sampah plastik dan 7 persen sampah kertas. Sisanya sampah logam, kain, karet dan lainnya.

Volume sampah di TPA mencapai 170 ton. Sedangkan sampah yang masuk ke TPA, sebanyak 55 ton per hari.

“Dengan jumlah penduduk sekitar 235 ribu jiwa, maka kurang lebih produksi sampah 0,7 kilogram per hari per jiwa,” terang istri mantan Wali Kota Buchori ini, Jumat (12/10/2018).

Menurut Rukmini, dari total 55 ton sampah yang masuk per harinya, 16,6 persen merupakan sampah plastik yang sulit untuk diolah kembali.

Menyikapi permasalah ini, Kota Probolinggo sudah memiliki Perda tentang pengelolaan sampah.

“Kita dituntut untuk cerdas dalam mengolah sampah, mengingat keberadaan sampah tidak sepenuhnya bisa menjadi masalah jika ditangani dengan tepat,” ujarnya.

Rukmini juga menyayangkan, ulah oknum pembuang sampah sembarangan. Sebab karena kurangnya kesadaran masyarakat seperti itu, sungai di Kota Probolinggo banyak tercemar sampah. Karena itulah, Pemkot Probolinggo kemudian menggelontorkan sejumlah dana untuk membeli bak sampah beroda.

Secara simbolis, Rukmini kemudian menyerahkan bak sampah beroda kepada para penerima. Saat ini, ada 1.256 bak sampah beroda yang didistribusikan oleh Dinas Lingkungan Hidup (DLH) untuk instansi Pemerintah Kota Probolinggo, sekolah, serta RW se Kotsa Probolinggo. Bantuan bak sampah itu kemudian diterima Kepala Dinas Lingkungan Hidup, Budi Krisyanto. (*)

Jurnalis : Happy L. Tuansyah
Editor : Wahyu Nurdiyanto
Publisher : Rizal Dani
Sumber : TIMES Probolinggo

Komentar

Registration