Peristiwa Daerah Ekspedisi Gubernur

Ekspedisi Gubernur: Begini Cara Pemprov Jateng Genjot Inovasi Masyarakat

Kamis, 11 Oktober 2018 - 20:36 | 27.39k
Gubernur Jateng Ganjar Pranowo memaparkan inovasi Pemprov Jateng kepada tim ekspedisi.
Gubernur Jateng Ganjar Pranowo memaparkan inovasi Pemprov Jateng kepada tim ekspedisi.

TIMESINDONESIA, SEMARANG – Pemerintah Provinsi Jawa Tengah memiliki cara tersendiri untuk menggenjot munculnya inovasi dari Masyarakat. Kepada Tim Ekspedisi Gubernur, Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo mengungkapkan, secara berkala tiap tahun dari level kabupaten/kota hingga Provinsi, Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Jateng menyelenggarakan kompetisi Krenova (Kreativitas dan Inovasi Masyarakat).

Krenova merupakan gagasan dari Ganjar Pranowo yang dikenal inovatif dan peka terhadap perubahan. Ganjar mengungkapkan inovasi dalam negeri harus terus didorong agar bisa bersaing di skala global dengan political will dari pemerintah.

"Dulu Cina jual produk hanya menang murah, sekarang bisa bersaing secara kualitas dengan produk premium lain, nah kita harus bisa masuk dengan terus mendorong inovasi," ujar Ganjar kepada Tim Ekspedisi Gubernur dari Asosiasi Pemerintah Provinsi Seluruh Indonesia pada Rabu (10/10).

Dalam kesempatan yang sama, Kepala UPP IPTEKIN BAPPEDA Jawa Tengah Hatta Hanansya Yunus mengungkapkan diantara inovasi yang telah bermanfaat secara luas dari hasil kompetisi Krenova adalah alat penjernih air yang berasal dari Pati Jawa Tengah.

"Diantara produk inovasi yang sudah tersebar luas dimanfaatkan publik adalah penjernih air dari Pati, yang kemarin digunakan Pak Anies Baswedan untuk kali item saat Asian Games," ungkap Hatta 

Selain berusaha pemecahan berbagai persoalan secara swadaya oleh masyarakat dengan mendorong Inovasi, Hatta mengungkapkan tujuan utamanya adalah memunculkan wirausaha baru terlebih di sektor ekonomi kreatif.

Dari hasil Krenova yang diselenggarakan Pemprov Jateng, telah muncul banyak paten dalam Hak Kekayaan Intelektual, diantaranya 50 Hak Paten tahun lalu dan 40 Hak Paten tahun ini.

Kemudian diantara inovasi yang muncul dari masyarakat ialah Benih Padi Unggul dari Wonogiri, Briket dari Kotoran Kambing, Alat Tangkap Ikan Pengganti Cantrang, dan ragam inovasi lain. Inovasi selengkapnya dari masyarakat Jawa Tengah dapat dilihat di website resmi Krenova Bappeda Jateng di krenova.bappeda.jatengprov.go.id.

Dari ratusan inovasi yang telah digagas oleh masyarakat Jawa Tengah, Pemprov Jateng berharap solusi tersebut dapat membantu tidak hanya provinsi Jawa Tengah, tapi juga jadi solusi bagi persoalan yang ada di provinsi lain. Hatta berharap melalui Ekspedisi Gubernur dari APPSI berkeliling Indonesia dapat dilakukan sinergi antar provinsi untuk saling selesaikan masalah berdasarkan inovasi. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Deasy Mayasari
Publisher : Rizal Dani

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES