Rabu, 19 Desember 2018
Peristiwa - Daerah

Setelah Menunggu 40 Tahun, Masyarakat Sidoarjo Nikmati Air Bersih Bermutu Tinggi

Setelah Menunggu 40 Tahun, Masyarakat Sidoarjo Nikmati Air Bersih Bermutu Tinggi Pjs Direktur Utama PDAM Delta Tirta Sidoarjo, Abdul Basit Lao saat acara groundbreaking pembangunan Distribution Center (DC) proyek Kerjasama Pemerintah Pusat dan Badan Usaha (KPBU) SPAM Regional Umbulan di Kahuripan Nirwana Vilage. (FOTO: Rudi Mulya/TIME
Kamis, 11 Oktober 2018 - 17:36

TIMESINDONESIA, SIDOARJOKabupaten Sidoarjo menjadi salah satu Kabupaten penerima manfaat dari Pemerintah Pusat melalui proyek kerjasama Pemerintah dan Badan Usaha mengembangkan Sistem Penyediaan Air Minum (SPAM) regional Umbulan.

SPAM yang berkapasitas 4.000 liter per detik tersebut bisa untuk melayani kebutuhan air minum kurang lebih 1,3 juta jiwa ini hanya dialokasikan untuk 5 Kabupaten dan kota penerima manfaat (offtaker) ini.

Sebagai salah satu kabupaten penerima manfaat proyek ini, PDAM Delta Tirta Sidoarjo langsung mengambil langkah cepat dengan dilaksanakannya groundbreaking pembangunan Distribution Center (DC) proyek Kerjasama Pemerintah Pusat dan Badan Usaha (KPBU) SPAM Regional umbulan di Kahuripan Nirwana Village, Desa Jati Sidoarjo, Kamis (11/20/2018).

Bupati-Sidoarjo-H-Saiful-Ilah.jpgBupati Sidoarjo, H Saiful Ilah  saat memberikan pemaparan acara groundbreaking pembangunan Distribution Center (DC) proyek Kerjasama Pemerintah Pusat dan Badan Usaha (KPBU) SPAM Regional umbulan di Kahuripan Nirwana Village, Desa Jati Sidoarjo.

Pejabat Sementara (Pjs) Direktur Utama (dirut) PDAM Delta Tirta Sdoarjo, Abdul Basit Lao kepada TIMES Indonesia (timesindonesia.co.id) menjelaskan, di Kabupaten Sidoarjo akan dibangun 8 distribution center (DC) mulai dari Kecamatan Jabon, Porong, Tanggulangin, Candi, Sidoarjo, Buduran, Gedangan hingga Kecamatan Waru. Anggaran investasi pembangunan DC berasal dari APBN dengan nilai Rp 189 miliar.

"Di tahun 2018 ini rencana pembangunan DC akan menghabiskan anggaran senilai Rp 114 miliar, dan akan dilanjutkan di tahun 2019 dengan anggaran Rp75 miliar. Kami berharap apa yang kita laksanakan pada hari ini sebagai awal untuk mengatasi keluhan-keluhan warga terkait air bersih. Yang perlu ditegaskan air Umbulan ini sudah lama kita nantikan, hampir selama 40 tahun kita menunggunya, dan pada hari ini bisa kita wujudkan ini," ungkap Dirut PDAM Delta Tirta, Abdul Basit Lao, usai groundbreaking pembangunan Distribution Center (DC) proyek Kerjasama Pemerintah Pusat dan Badan Usaha (KPBU) SPAM Regional umbulan di Kahuripan Nirwana Village, Desa Jati Sidoarjo.

Jurnalis : Rudi Mulya
Editor : Wahyu Nurdiyanto
Publisher : Rochmat Shobirin
Sumber : TIMES Sidoarjo

Komentar

Registration