Peristiwa Daerah

Setelah Menunggu 40 Tahun, Masyarakat Sidoarjo Nikmati Air Bersih Bermutu Tinggi

Kamis, 11 Oktober 2018 - 17:36 | 125.00k
Pjs Direktur Utama PDAM Delta Tirta Sidoarjo, Abdul Basit Lao saat acara groundbreaking pembangunan Distribution Center (DC) proyek Kerjasama Pemerintah Pusat dan Badan Usaha (KPBU) SPAM Regional Umbulan di Kahuripan Nirwana Vilage. (FOTO: Rudi Mulya/TIME
Pjs Direktur Utama PDAM Delta Tirta Sidoarjo, Abdul Basit Lao saat acara groundbreaking pembangunan Distribution Center (DC) proyek Kerjasama Pemerintah Pusat dan Badan Usaha (KPBU) SPAM Regional Umbulan di Kahuripan Nirwana Vilage. (FOTO: Rudi Mulya/TIME

TIMESINDONESIA, SIDOARJOKabupaten Sidoarjo menjadi salah satu Kabupaten penerima manfaat dari Pemerintah Pusat melalui proyek kerjasama Pemerintah dan Badan Usaha mengembangkan Sistem Penyediaan Air Minum (SPAM) regional Umbulan.

SPAM yang berkapasitas 4.000 liter per detik tersebut bisa untuk melayani kebutuhan air minum kurang lebih 1,3 juta jiwa ini hanya dialokasikan untuk 5 Kabupaten dan kota penerima manfaat (offtaker) ini.

Sebagai salah satu kabupaten penerima manfaat proyek ini, PDAM Delta Tirta Sidoarjo langsung mengambil langkah cepat dengan dilaksanakannya groundbreaking pembangunan Distribution Center (DC) proyek Kerjasama Pemerintah Pusat dan Badan Usaha (KPBU) SPAM Regional umbulan di Kahuripan Nirwana Village, Desa Jati Sidoarjo, Kamis (11/20/2018).

Bupati-Sidoarjo-H-Saiful-Ilah.jpgBupati Sidoarjo, H Saiful Ilah  saat memberikan pemaparan acara groundbreaking pembangunan Distribution Center (DC) proyek Kerjasama Pemerintah Pusat dan Badan Usaha (KPBU) SPAM Regional umbulan di Kahuripan Nirwana Village, Desa Jati Sidoarjo.

Pejabat Sementara (Pjs) Direktur Utama (dirut) PDAM Delta Tirta Sdoarjo, Abdul Basit Lao kepada TIMES Indonesia menjelaskan, di Kabupaten Sidoarjo akan dibangun 8 distribution center (DC) mulai dari Kecamatan Jabon, Porong, Tanggulangin, Candi, Sidoarjo, Buduran, Gedangan hingga Kecamatan Waru. Anggaran investasi pembangunan DC berasal dari APBN dengan nilai Rp 189 miliar.

"Di tahun 2018 ini rencana pembangunan DC akan menghabiskan anggaran senilai Rp 114 miliar, dan akan dilanjutkan di tahun 2019 dengan anggaran Rp75 miliar. Kami berharap apa yang kita laksanakan pada hari ini sebagai awal untuk mengatasi keluhan-keluhan warga terkait air bersih. Yang perlu ditegaskan air Umbulan ini sudah lama kita nantikan, hampir selama 40 tahun kita menunggunya, dan pada hari ini bisa kita wujudkan ini," ungkap Dirut PDAM Delta Tirta, Abdul Basit Lao, usai groundbreaking pembangunan Distribution Center (DC) proyek Kerjasama Pemerintah Pusat dan Badan Usaha (KPBU) SPAM Regional umbulan di Kahuripan Nirwana Village, Desa Jati Sidoarjo.

Sementara itu, Indra Kerta Sasmita, S.T, selaku PPK Pengembangan SPAM Wilayah IA SPAM Strategis Kementerian PUPR memaparkan bahwa kegiatan Kementerian PUPR untuk proyek Umbulan ini dibangun mulai dari Pasuruan. Dan SPAM regional umbulan ini diambil dari mata air umbulan yang kita ambil dari mata air Winongan di Wilayah Kabupaten Pasuruan.

"Secara kualitas mengutip pembicaraan Gubernur Jawa Timur, air umbulan ini secara kualitas terbaik no. 2 setelah  zam – zam, oleh karena itu dibangun tanpa sistem pengolahan. Ada 4.000 liter perdetik yang akan disalurkan dari air umbulan ini di Kabupaten Pasuruan, Kota Pasuruan, Kabupaten Sidoarjo, Kota Surabaya dan Kabupaten Gresik," jelas Indra.

Abdul-Basit-Lao.jpgPjs Direktur Utama PDAM Delta Tirta Sidoarjo, Abdul Basit Lao saat memberikan pemaparan acara groundbreaking pembangunan Distribution Center (DC) proyek Kerjasama Pemerintah Pusat dan Badan Usaha (KPBU) SPAM Regional umbulan di Kahuripan Nirwana Village, Desa Jati Sidoarjo.

Dari Dari 4.000 liter perdetik itu, Imbyh Indra,  Kabupaten Sidoarjo kebagian paling besar, yakni 1.200 liter per detik. 

"Kami berharap pembangunan 8 DC di Kabupaten Sidoarjo dengan kapasitas yang sangat besar tersebut, mendapat dukungan penuh dari pemerintah dan masyarakat Kabupaten Sidoarjo, sehingga pembangunan DC ini bisa berjalan dengan baik. Dan pastinya ditahun 2019 nanti masyarakat Kabupaten Sidoarjo bisa menikmati air bersih dari umbulan ini," imbuh Indra.

Sementara Bupati Sidoarjo, H Saiful Ilah  menyambut baik pembangunan DC di Kabupaten Sidoarjo ini. Hal itu karena pertumbuhan penduduk di Kabupaten Sidoarjo sangat pesat dan sangat membutuhkan air bersih.

"Dengan adanya proyek SPAM umbulan ini, saya berharap bisa sangat membantu sekali dalam memenuhi kebutuhan air bersih dan air minum masyarakat yang dirasa saat ini masih kurang," katanya

Lebih jauh, Bupati yang akrab disapa Abah Ipul ini mengungkapkan jika saat ini kemampuan PDAM delta Tirta Sidoarjo dalam menyediakan akses air minum yang layak masih 36,6 persen dari jumlah penduduk, masih jauh dari 50 persen, dengan jumlah pelanggan 135.659 sambungan rumah.

"Rendahnya capaian dari PDAM Sidoarjo ini bukan semata-mata karena faktor internal PDAM namun disebabkan karena ketersediaan air baku yang sangat minim. Kapasitas produksi PDAM Delta Tirta pada saat ini sebesar 1.520 liiter per detik dengan capaian 1.350 liter per detik air baku yang berasal dari air permukaan,"ungkapnya

Abah Ipul menegaskan jika proyek SPAM dari umbulan ini merupakan suatu berkah bagi masyarakat Sidoarjo dalam ketersediaan air bersih dan air minum dengan kualitas tinggi.

"Saya mengucapkan terima kasih kepada pemerintah pusat (PUPR red) dan PT. Mutiara Mansyur Sejahtera yang telah menghibahkan tanahnya untuk pembangunan DC wilayah Buduran ini. Dengan proyek ini, maka ditahun 2019 nanti seluruh wilayah Kabupaten Sidoarjo bisa memanfaatkan air bersih dari PDAM Delta Tirta Sidoarjo," kata Bupati Sidoarjo dua periode ini. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Wahyu Nurdiyanto
Publisher : Rochmat Shobirin
Sumber : TIMES Sidoarjo

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES