Indonesia Positif Ketahanan Informasi Pendidikan

Pelatihan Pembelajaran Bahasa Inggris Vokasi UB, Solusi Cerdas Mengajar

Kamis, 11 Oktober 2018 - 12:02 | 106.74k
kegiatan dan peserta pelatihan Pembelajaran Bahasa Inggris. (FOTO: AJP/TIMES Indonesia)
kegiatan dan peserta pelatihan Pembelajaran Bahasa Inggris. (FOTO: AJP/TIMES Indonesia)
FOKUS

Ketahanan Informasi Pendidikan

TIMESINDONESIA, MALANG – Tim peneliti Program Pendidikan Vokasi UB menggelar pelatihan tahap kedua dengan tema, 'Pengembangan Video Pembelajaran Untuk Pembelajaran Bahasa Inggris' di SMA 1 Turen Kabupaten Malang, Jumat(28/9/2018).

Pelatihan ini dalam rangka program Doktor Mengabdi (DM) 2018. Dr. Dini Kurnia Irmawati, M.Pd. menjadi ketua peneliti, dengan anggota Debri Haryndia Putri, S.T, M.Ds., Novita Rosyida, M.Sc, Tri Mega Asri, S.Sos, M.I.Kom dan Dian Novita Dewi, S.Pd., M.Li.

Bahasa-Inggris-Vokasi-UB-2.jpg

SMA Negeri 1 Turen dipilih karena sekolah tersebut menjadi sekolah inkubator yang membina SMA lainnya di Kabupaten Malang. Latar belakang diambilnya tema tersebut karena proses pembelajaran bahasa Inggris disekolah terebut masih minim. Mengingat terbatasnya jumlah guru bahasa Inggris sedangkan banyaknya jumlah kerlas yang harus mendapatkan pelajaran bahasa Inggris. Sehingga guru kesulitan untuk menyiapkan materi dan media pembelajaran interaktif yang menarik di kelas. 

Pada pelatihan ini, tim Doktor Mengabdi memberikan pelatihan bagaimana menyusun bahan ajar dengan memanfaatkan video dan alat pendukung lainnya sehingga menghasilkan presentasi yang interaktif dengan metode pembelajaran bahasa Inggris seluruh peserta dapat bereksperimen langsung dalam tiga kali pertemuan. 

Pada pelatihan ini, tim peneliti Program Pendidikan Vokasi UB melalui Doktor Mengabdi bermitra dengan SMA Negeri 1 Turen Kabupaten Malang, dengan kepala sekolah Drs. Ibnu Harsoyo. Pelatihan ini dihadiri oleh kurang lebih 24 peserta dari berbagai SMA di Kabupaten Malang, antara lain SMAN 1 Tumpang, SMA YBPK Sitiarjo, SMAN 1 Dampit, SMAN 1 bantur, dan SMA Widya Dharma Turen. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : AJP-5 Editor Team
Publisher : Rochmat Shobirin

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES