Kamis, 13 Desember 2018
Gaya Hidup

French Fries Menjadi Makanan Favorit, Begini Sejarahnya

French Fries Menjadi Makanan Favorit, Begini Sejarahnya French Fries (FOTO: Hans/Pixabay)
Kamis, 11 Oktober 2018 - 12:10

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Siapa tak kenal french fries, irisan kentang yang digoreng renyak itu sangat nikmati dimakan bersama saus. Tahukah Anda dari mana istilah french fries itu berasal? 

Dilansir dari Intisari, french fries berasal dari Prancis. Ceritanya Thomas Jefferson seorang Amerika yang bertugas menjadi duta di Prancis mengaku senang dengan olahan kentang goreng itu. "Kentang yang digoreng ala Prancis," begitu sebutnya.

Sepulang dari Prancis, tokoh terkemuka Amerika itu sering menyuguhkan french fries kepada tamu-tamunya. Akibatnya, gengsi kentang naik. Apalagi, Jefferson kemudian menjadi Presiden ketiga Amerika Serikat.

French fries juga disajikan pada restoran kelas atas di Amerika. Namun, kala itu french fries belum panjang-panjang langsing seperti sekarang. Irisan kentangnya masih tebal.

Suatu hari di tahun 1853, seorang pria memesan french fries di sebuah restoran anggun di Moon Lake Lodge,Saratoga Springs, Amerika Serikat.

Koki restoran itu, seorang Indian bernama George Crum, membuatkan french fries yang diiris tebal seperti biasa. Ternyata, tamu itu tidak puas. "Irisannya terlalu tebal!" katanya. Pelayan mengembalikan kentang goreng itu ke dapur. Koki terpaksa menyiapkan yang baru.

Akhirnya sang koki mengiris kentangnya setipis korek api. Tak disangka pelanggan restoran justru senang dengan irisan tipis itu. Restoran tersebut kian ramai dengan pelanggan yang memesan french fries itu. Akhirnya french fries tampilannya tipis, renyah dan garing bertahan hingga saat ini. (*)

Jurnalis :
Editor : Dhina Chahyanti
Publisher : Lucky Setyo Hendrawan
Sumber : Intisari

Komentar

Registration