Peristiwa Daerah

Gempa 6,4 SR Guncang Utara Jawa, Beberapa Rumah di Sapudi Rusak

Kamis, 11 Oktober 2018 - 02:48 | 145.18k
Gempa bumi dengan kekuatan 6.4 SR mengguncang utara Pulau Jawa (FOTO: BMKG)
Gempa bumi dengan kekuatan 6.4 SR mengguncang utara Pulau Jawa (FOTO: BMKG)

TIMESINDONESIA, SUMENEPGempa bumi dengan kekuatan 6.4 SR mengguncang utara Pulau Jawa. Tepatnya di wilayah Laut Bali, 55 km arah timur laut Kabupaten Situbondo, Propinsi Jawa Timur. Gempa pada kedalaman 12 km ini terjadi Kamis, 11 Oktober 2018, pukul 01.44.57 WIB.

Pusat Gempa Bumi dan Tsunami BMKG mencatat, episenter gempa bumi terletak pada koordinat 7,47 LS dan 114,43 BT, atau tepatnya berlokasi di laut Bali. Gempa ini tidak menimbulkan potensi tsunami. 

"Gempa bumi yang terjadi merupakan jenis gempa bumi dangkal yang diperkirakan akibat aktivitas patahan di zona back arc thrust. Hasil analisis mekanisme sumber menunjukkan bahwa gempabumi di wilayah Laut Bali ini, dibangkitkan oleh deformasi batuan dengan mekanisme pergerakan sesar naik," terang Rahmat Triyono, kepala Pusat Gempa Bumi dan Tsunami BMKG RI dalam rilisnya.

Guncangan gempabumi ini dilaporkan dirasakan di daerah Denpasar dalam skala intensitas III-IV MMI, Karangkates, Gianyar, Lombok Barat, Mataram, Pandaan III MMI. Hingga saat ini belum ada laporan dampak kerusakan yang ditimbulkan akibat gempabumi tersebut. Hasil pemodelan menunjukkan bahwa gempabumi tidak berpotensi tsunami

Hingga pukul 02.30 WIB, hasil monitoring BMKG sudah terjadi satu kali gempa susulan dengan 3,4 SR. "Kepada masyarakat dihimbau agar tetap tenang dan tidak terpengaruh oleh isu yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya," pesan Rahmat. 

Getaran gempa terasa hingga ke sejumlah kota di Jatim. Hingga berita ini dipublish dikabarkan terjadi kerusakan parah di Kepulauan Sapudi, Sumenep. Beberapa warga luka. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Deasy Mayasari
Publisher : Sholihin Nur
Sumber : TIMES Madura

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES