Kesehatan

Tips Mengatasi Sakit Tenggorokan dengan Bahan Alami

Kamis, 11 Oktober 2018 - 04:32 | 70.26k
ILUSTRASI - Sakit Tenggorokan. (FOTO: unitednripost.com)
ILUSTRASI - Sakit Tenggorokan. (FOTO: unitednripost.com)

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Mengalami sakit tenggorokan membuat kita merasa tidak nyaman. Sakit tenggorokan paling sering disebabkan oleh infeksi virus. Banyak variasi pengobatan alami untuk mengatasi sakit tenggorokan yang bisa dilakukan sendiri.

Dilansir dari alodokter, berikut beberapa obat alami sakit tenggorokan yang bisa Anda coba.

1. Air Garam

Salah satu obat alami sakit tenggorokan yang sangat mudah dibuat adalah air garam. Campurkan satu sendok teh garam ke dalam segelas air hangat, dan aduk hingga tercampur secara merata. Berkumurlah dengan posisi kepala menengadah lalu muntahkan.

Sebuah studi menemukan bahwa berkumur dengan air garam bisa mencegah infeksi saluran pernapasan bagian atas dan demam. Berkumur dengan air garam juga bisa membantu membersihkan tenggorokan dari dahak. Namun ingat, jangan memakai terlalu banyak garam dan jangan ditelan.

2. Madu

Madu telah lama dipercaya mampu meredakan sakit tenggorokan. Sebuah studi yang dilakukan pada anak-anak yang terkena infeksi saluran pernapasan atas (ISPA), mengonfirmasi efektivitas madu dalam meredakan batuk. Selain itu, studi lain juga mendukung klaim bahwa madu merupakan penyembuh luka yang efektif. Dengan khasiatnya ini, madu dipercaya bisa mempercepat pemulihan sakit tenggorokan.

3. Bawang Putih

Salah satu bahan alami yang bisa digunakan untuk membantu meredakan sakit tenggorokan adalah bawang putih. Kemampuannya ini dimiliki karena mengandung sifat antibakteri. Hanya saja, cara terbaik untuk mendapatkan manfaat bawang putih sebagai obat alami sakit tenggorokan adalah dengan mengunyahnya.

Saat hancur, bawang putih akan melepaskan senyawa yang memiliki sifat antibakteri, antijamur, sekaligus antivirus. Nama senyawa tersebut adalah allicin. Selain dikunyah sebanyak satu siung, cara lain yang bisa digunakan adalah dengan mengisapnya selama 15 menit.

4. Sup Ayam Hangat

Sup ayam hangat bisa dijadikan sebagai obat alami sakit tenggorokan, karena makanan hangat yang satu ini dapat membantu mengurangi iritasi dan tenggorokan kering.

Dengan mengonsumsi makanan cair, seperti sup, nutrisi yang dibutuhkan tubuh untuk melawan infeksi dapat tetap terpenuhi, sekaligus juga mendapatkan cairan tambahan untuk mencegah dehidrasi.

5. Teh Hangat

Minum teh hangat juga bisa dijadikan salah satu obat alami sakit tenggorokan. Teh hangat dari jenis apa pun, entah herba atau nonherba, dapat membantu meredakan sakit tenggorokan. Salah satu alasannya adalah karena teh mengandung antioksidan yang diprediksi mampu memperkuat kekebalan tubuh dan mampu membantu menangkal infeksi. Agar optimal, tambahkan satu sendok teh madu ke dalam secangkir teh, agar sakit tenggorokan lebih cepat sembuh.

Selain menggunakan berbagai obat alami di atas untuk mengatasi sakit tenggorokan, Anda juga harus menerapkan hidup sehat. Salah satunya adalah berhenti merokok. Selain itu, Istirahat cukup juga berperan penting dalam menyembuhkan sakit tenggorokan. Saat tidur, sistem kekebalan tubuh akan lebih efektif melawan infeksi virus atau bakteri penyebab penyakit. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Deasy Mayasari
Publisher : Lucky Setyo Hendrawan
Sumber : Berbagai Sumber

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES