Peristiwa Nasional

Yusril: Amin Rais Itu Jangan Didengar

Rabu, 10 Oktober 2018 - 14:58 | 304.60k
Pakar Hukum Tata Negara, Yusril Ihza Mahendra saat ditemui di depan Pengadilan Negeri Surabaya. (FOTO: Nasrullah/TIMESIndonesia)
Pakar Hukum Tata Negara, Yusril Ihza Mahendra saat ditemui di depan Pengadilan Negeri Surabaya. (FOTO: Nasrullah/TIMESIndonesia)

TIMESINDONESIA, SURABAYA – Pakar hukum Tata Negara, Yusril Ihza Mahendra angkat bicara terkait pemanggilan Amien Rais sebagai saksi untuk tersangka penyebar hoaks Ratna Sarumpaet oleh penyidik Kepolisian. Menurutnya pemanggilan itu merupakan hal yang normal.

"Pak Amien tidak perlu risau dengan panggilan itu,itu hal biasa," tegas Yusril di Pengadilan Negeri Surabaya, Rabu, (10/10/2018)

Ratna Sarumpaet yang kini telah dinyatakan sebagai tersangka melakukan kebohongan yang menghebohkan publik dan melanggar Pasal 16 KUHP jo Pasal 28 UU ITE. 

"Karena itu, polisi berwenang meminta keterangan kepada siapa saja yang diduga mengetahui terjadinya tindak pidana yang dilakukan Ratna Sarumpaet. Amien Rais dan beberapa tokoh lain, dianggap mengetahui tindak pidana yang dilakukan Ratna," ungkap Yusril

Selain itu, Alasan Amin yang mendesak agar Kapolri Jendral Tito Karnavian dicopot karena dirinya dipanggil sebagai saksi itu, jelas tidak ada alasan hukumnya. Ucapan Amien Rais itu dapat dikategorikan sebagai mengada-ada untuk mengalihkan perhatian.

Karena itu Yusril meminta Amien Rais bijaksana sebagai tokoh bangsa. Yusril meminta Amien jangan berkoar di publik. Jika memiliki bukti dugaan korupsi, tinggal datangi aparat penegak hukum.

"Amin Rais itu ga usah didengarlah. itu kan baru katanya-katanya, kalau Pak Aamin Rais punya bukti-bukti silahkan datang ke KPK jangan berasumsi nanti jadi polemik baru yang bisa berkepanjangan," terang Yusril

Yusril juga mengingatkan Amien Rais tidak reaktif atas pemeriksaannya sebagai saksi kasus Ratna Sarumpaet. Dengan sikap reaktifnya tersebut dinilai sebagai tindakan tak patut karena dapat memicu keresahan di masyarakat. Menurut Yusril, sebagai Bapak Bangsa, keteduhan sikap Amien sangat diperlukan.

Apalagi saat ini masyarakat sedang berduka pasca gempa Palu dan Lombok. Selain itu, Indonesia tengah menggelar pertemuan IMF di Bali. Dan di Jakarta juga sedang berlangsung gelaran Asian Para Games 2018.

Yusril berharap Amien Rais jangan membuat suasana makin panas di tahun politik seperti ini.

"Kita hindari kegaduhan. Pak Amien Rais jangan bikin gaduh lagi, cukuplah kasus Mbak Ratna menyita perhatian kita, ingat tahun ini adalah tahun politik," terang Yusril Ihza Mahendra(*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Wahyu Nurdiyanto
Publisher : Rizal Dani
Sumber : TIMES Surabaya

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES