Kuliner

Gado-Gado Salad Asli Indonesia yang Sempurna

Rabu, 10 Oktober 2018 - 11:35 | 92.60k
Gado-Gado Salad. (FOTO: tribunnews)
Gado-Gado Salad. (FOTO: tribunnews)

TIMESINDONESIA, JAKARTAGado-gado makanan kaya sayur yang diberi bumbu kacang ini disebut sebagai saladnya Indonesia. Gado-gado juga telah dikenal secara internasional setelah Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif menyebutkan gado-gado adalah salah satu ikon kuliner tradisonal.

Gado-gado sendiri telah ada sejak zaman penjajahan Belanda. Bahkan gado-gado kerap disajikan dalam Indische rijsttafel. Sajian makan rijsttafel dengan menu Indonesia ini biasa disantap oleh keluarga Belanda yang tinggal di Hindia Belanda.

Hal tersebut dituliskan oleh Fadly Rahman dalam buku Rijsttafel: Budaya Kuliner di Indonesia Masa Kolonial 1870-1942.

"Orang Barat sangat menghargai ide bangsa Indonesia untuk memiliki campuran makanan yang luar biasa karena segar dan olahan yang seimbang. Kombinasi bahan nabati dan hewani yang sangat bagus kemudian rasanya lengkap gurih, manis, asam, serta sedikit pedas," kata ahli gastronomi dari Universitas Gadjah Mada, Murdijati Gardjito, seperti dikutip dari Kompas.

Kata Murdijati gado-gado memiliki nilai gizi yang tinggi. Sebab kombinasi bahan yang sempurna dibanding salad Barat. Ada sayur mayur, ada tahu, tempe, telur, serta dapat ditambahkan lontong. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Dhina Chahyanti
Publisher : Rochmat Shobirin
Sumber : Kompas

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES