Wisata

Bulan Ini, Sego Anget Bakal Mengadakan Race di Puncak Asmoro Banyuwangi

Rabu, 10 Oktober 2018 - 08:55 | 85.97k
Sonny  T. Danaparamita rapat persiapan bersama seluruh pengurus Sego Anget di kafe Osing Dele (FOTO: Sonny for TIMES Indonesia)
Sonny  T. Danaparamita rapat persiapan bersama seluruh pengurus Sego Anget di kafe Osing Dele (FOTO: Sonny for TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, BONDOWOSO – Bulan ini, komunitas bersepeda dengan nama Sego Anget, akan mengadakan race game di Puncak Asmoro Banyuwangi, Jawa Timur.

Gowes bareng BMB seri 4 ini, tepatnya akan diselenggarakan 21 Oktober 2018 besok, dengan total hadiah jutaan rupiah. Selain itu, juga terdapat ratusan doorprize yang akan menambah meriahnya acara tersebut.

Selain Universitas 17 Agustus 1945 (Untag) Banyuwangi yang menjadi “sponsor welcome”, beberapa badan usaha juga telah menjadi sponsor dalam kegiatan tersebut. Bahkan sudah ada rapat persiapan bersama seluruh pengurus Sego Anget di kafe Osing Deles.

Sonny  T. Danaparamita, selaku Ketua Dewan Kehormatan Perpenas  yang merupakan Badan Penyelenggara Untag 1945 Banyuwangi mengatakan, bahwa Untag mendukung penuh kegiatan-kegiatan yang positif seperti ini.

“Saya selalu melihat ada keguyuban di setiap klub bersepeda. Dan keguyuban-keguyuban seperti itulah sebenarnya yang sedang dibutuhkan oleh setiap relasi sosial yang ada di masyarakat kita saat ini,” katanya, Rabu (10/10/2018).

Pihaknya juga menilai, Indonesia semakin indah dan kuat, jika  semua guyub. "Dalam pribahasa, rukun agawe sentosa, crah agawe bubrah,  yang diajarkan oleh nenek moyang  sepertinya perlu diviralkan kembali," ucapnya.

Sementara para pengurus komunitas Sego Anget sependapat dengan pernyataan Sonny. Apalagi dalam tahun politik ini, relasi masyarakat yang terbangun hari ini sedang dalam kondisi yang kurang menggembirakan.

Mulai dari simpah serapah, ujaran kebencian, hingga informasi hoaks bertebaran di mana-mana, khususnya di jagat maya.

Sekilas, komunitas tersebut berawal dari adanya kesamaan hobby, maka beberapa orang yang  gemar bersepeda ini pada bulan Oktober 2016 yang lalu membentuk komunitas bersepeda dengan nama Sego Anget.

Komunitas itu beranggotakan dari berbagai kalangan, mulai pelaku UKM, profesional, pengusaha, hingga para birokrat, dan semakin hari keanggotaannya semakin berkembang.

Berdasar penjelasan para the founding fathers-nya, nama Sego Anget, selain merupakan akronim dari Seduluran Gowes Akeh Keringet,  juga memiliki makna filosofis.

Sego Anget (nasi hangat), memiliki makna bahwa kehangatan yang dibangun dalam persahabatan mereka, diyakini menjadi energi besar dalam kehidupan sehari-hari, sebagaimana karbohidrat yang ada dalam sepiring nasi, yang merupakan sumber energi utama tubuh manusia.

Race game di Puncak Asmoro Banyuwangi Jawa Timur, yang diselenggrakan komunitas bersepeda Sego Anget, dan didukung oleh Untag1945 Banyuwangi diharapkan bisa bergulir seantero nusantara. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Wahyu Nurdiyanto
Publisher : Rochmat Shobirin
Sumber : TIMES Bondowoso

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES