Gaya Hidup

Menjaga Kebersihan Lensa Kontak agar Terhindar dari Infeksi, Ini Caranya!

Rabu, 10 Oktober 2018 - 06:04 | 35.21k
ILUSTRASI - Memasang Lensa Kontak. (FOTO: mejakomputer.com)
ILUSTRASI - Memasang Lensa Kontak. (FOTO: mejakomputer.com)

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Penggunaan lensa kontak tidak hanya untuk membantu penglihatan. Lensa kontak juga sering digunakan agar mata tampak lebih indah. Anda yang sering menggunakan lensa kontak harus selalu menjaga kebersihan. Bagaimana cara agar lensa kontak tetap bersih?

Para peneliti Inggris mengonfirmasi adanya peningkatan kecil dalam kasus keratitis acanthamoeba yaitu infeksi mata yang mengancam pengguna lensa kontak. Infeksi ini bisa terjadi karena kurang bersihnya tangan saat memegang lensa kontak maupun tempat penyimpanan lensa kontak.

Pengguna lensa kontak dapat menghindari infeksi parah dengan mencuci dan mengeringkan tangan saat bersentuhan dengan lensa kontak. Selain itu, pastikan juga menyimpan lensa kontak dalam larutan air bersih setiap hari.

Organisme acanthamoeba berada di udara, tanah, debu, dan air. Setidaknya, setengah dari populasi memiliki antibodi terhadap organisme, menunjukkan bahwa mereka telah terpapar, tulis tim peneliti di British Journal of Ophthalmology.

Keratitis acanthamoeba itu memang sangat langka, kendati demikian amoeba yang membentuk kista itu ternyata sulit diobati sehingga menyebabkan infeksi kronis yang memengaruhi pengguna lensa kontak selama bertahun-tahun.

Dr. Jennifer Cope dari Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit (CDC) Amerika di Atlanta, Georgia menyarankan agar pengguna menghindari lensa kontak dari air keran agar menggunakan cairan yang berada di pasaran dan diketahui keamanannya. Tujuannya adalah untuk menjaga agar lensa kontak tetap bersih dan aman untuk digunakan. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Deasy Mayasari
Publisher : Lucky Setyo Hendrawan
Sumber : Antara News

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES