Selasa, 23 Oktober 2018
Ekonomi

Menkeu RI Pastikan Indonesia Tak Menambah Utang dari IMF

Menkeu RI Pastikan Indonesia Tak Menambah Utang dari IMF Menteri Keuangan RI, Sri Mulyani Indrawati di tengah konferensi pers pertemuan tahunan IMF-World Bank (Foto: setkab)
Selasa, 09 Oktober 2018 - 12:36

TIMESINDONESIA, DENPASAR – Menteri Keuangan RI (Menkeu RI), Sri Mulyani Indrawati memastikan Indonesia tak akan memanfaatkan posisi sebagai tuan rumah pertemuan tahunan IMF-World Bank sebagai sarana untuk meminta pinjaman dana dari IMF.

Menurut Menkeu, IMF hanya akan memberikan pinjaman bagi negara yang sedang mengalami krisis neraca pembayaran, sementara Indonesia saat ini tidak sedang dalam posisi krisis.

Bahkan Direktur Pelaksana IMF Christine Lagarde juga telah menyampaikan bahwa kondisi ekonomi Indonesia dalam keadaan baik. "Sehingga kami tegaskan bahwa kami tidak meminjam IMF," tegasnya.

Menkeu menyebut jika saat ini banyak yang ingin mencoba mengalihkan isu forum pertemuan IMF-World Bank ini.

Ia menegaskan jika posisi Indonesia hanya anggota IMF - sama seperti 189 negara lain. Juga di posisi anggota Bank Dunia - setara 189 negara lain. Namun sebagai anggota IMF, Menkeu mengatakan Indonesia mencoba berkontribusi untuk menciptakan kondisi yang lebih baik.

"Indonesia berupaya berkontribusi terhadap pemikiran untuk membuat perekonomian global lebih baik, sehingga dunia bisa menjadi tempat yang aman dan bisa menciptakan kesejahteraan bersama," tandas Menkeu RI. (*)

Jurnalis : Ferry Agusta Satrio
Editor : Ronny Wicaksono
Publisher : Dhian Mega
Sumber : Setkab

Komentar

Registration