Kesehatan

Awas! Daging Olahan Tingkatkan Risiko Kanker Payudara

Selasa, 09 Oktober 2018 - 06:09 | 27.96k
ILUSTRASI: Kanker Payu Dara. (FOTO: Alodokter)
ILUSTRASI: Kanker Payu Dara. (FOTO: Alodokter)

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Makanan dari daging olahan seperti sosis, ham, dan bacon bisa berdampak buruk untuk kesehatan tubuh. Makanan ini dapat meningkatkan risiko kanker payudara.

Penelitian terbaru menunjukkan, lebih dari 1,2 juta perempuan mengonsumsi daging olahan secara rutin berhubungan dengan peningkatan risiko kanker payudara sebesar 9 persen.

"Tinjauan sistematis dan studi meta-analisis ini melaporkan hubungan positif yang signifikan antara konsumsi daging olahan dengan risiko kanker payudara," tulis peneliti dalam studinya, seperti dikutip dari CNN.

Dalam studi yang dipublikasikan di International Journal of Cancer ini, peneliti menganalisis 15 studi terdahulu untuk melihat hubungan daging olahan dengan kanker payudara.

Temuan ini sekaligus menguatkan penelitian sebelumnya dari Organisasi Kesehatan Dunia (WHO), yang mengategorikan daging olahan sebagai karsinogen. Mengonsumsi karsinogen dapat menyebabkan berbagai jenis kanker.

Ketua penelitian dari Harvard T.H. Chan School of Public Health, Maryam Farvid, menyarankan agar para perempuan dapat mengurangi asupan daging olahan untuk mencegah kanker payudara.

Farvid mengatakan mengurangi konsumsi daging olahan bermanfaat untuk kesehatan tubuh. Salah satunya adalah sebagai upaya pencegahan kanker payudara. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Deasy Mayasari
Sumber : CNN Indonesia

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES