Peristiwa Daerah

Patung Singo Ulung di Perempatan Palm, Bondowoso Jadi Daya Tarik

Senin, 08 Oktober 2018 - 19:43 | 103.87k
Patung Singo Ulung seni tradisional berdiri gagah yang mngisagkan ceriga rakyat, di Perempatan hotel palem, tepatnya di Jalan A Yani Bondowoso (FOTO: Moh Bahri/TIMES Indonesia)
Patung Singo Ulung seni tradisional berdiri gagah yang mngisagkan ceriga rakyat, di Perempatan hotel palem, tepatnya di Jalan A Yani Bondowoso (FOTO: Moh Bahri/TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, BONDOWOSO – Sebuah pemandangan yang mengambarkan salah satu seni tradisional Bondowoso, yaitu patung Singo Ulung yang berdiri gagah di Perempatan Hotel Palm, menjadi daya tarik tersediri bagi pengendara.

Pasalnya, patung tersebut terlihat sangat gagah. Yakni, tampak seekor singa dengan warna keemasan, setengah berdiri dan melompati lingkaran api. Patung tersebut, mulai menghiasi Jalan A Yani, kurang lebih sekitar tiga bulan terakhir, dan memanjakan para pengendara yang melintas dari arah selatan.

Pantauan TIMES Indonesia, di pijakan patung tersebut di tulis keterangan, bahwa Rontek Singo Ulung adalah seni pertunjukan cerita rakyat, yang berasal dari desa Blimbing kecamatan Klabang, Bondowoso Jawa Timur.

Dalam keterangan tersebut juga dijelaskan, bahwa cerita dalam seni tradisional Singo Ulung, mengambarkan Juk Seng, tokoh sakti mandraguna, memiliki ilmu supranatural dan magis, yang mampu bersahabat dengan hewan termasuk Singa.

Bersama-sama dengan kerabatnya Jasiman, murid-murid perguruannya, beserta Singa yang juga bersahabat dengannya, Juk Seng selalu memperoleh kemenangan dalam setiap pertempuran.

Maka, untuk menghormati perjuangan Juk Seng, dibuatlah seni tradisional Singo Ulung dengan menampilkan atraksi singa yang dimainkan oleh dua orang.

Eva, salah seorang pengendara, mengakui bahwa patung Singo Ulung itu, memberikan warna tersendiri. “Dulu di tempat itu (tempat patung Singo Ulung, red) terlihat kosong, sekarang lebih bagus dan menarik, apalagi mengandung sejarah,” katanya.

Perlu diketahui, atraksi seni tradisional Singo Ulung selalu ditampikan dalam even-even besar di Bondowoso, baik tingkat lokal, nasional bahkan internasional. 

Dengan dibuatnya patung Singo Ulung, yang menggambarkan salah satu seni tradisional Bondowoso di Perempatan Hotel Palm, Bondowoso tersebut, menjadi warna tersendiri bagi pengendara yang melintas. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Faizal R Arief
Sumber : TIMES Bondowoso

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES