Kamis, 13 Desember 2018
Peristiwa - Daerah

Indahnya Kicau Burung di Bondowoso Republik Kopi

Indahnya Kicau Burung di Bondowoso Republik Kopi Suasana lomba kicau burung di Bondowoso Republik Kopi. Minggu (7/10/2018). (FOTO: Moh Bahri/TIMES Indonesia)
Minggu, 07 Oktober 2018 - 14:48

TIMESINDONESIA, BONDOWOSO – Terdengar kicau burung yang indah secara bersahutan. Kicau itu terdengar di lokasi Lomba Kicau Burung yang digelar di Pujasera Kota Kulon, Bondowoso Republik Kopi.

Lomba kicau burung itu digelar oleh Komunitas Burung Berkicau Mahkota BG, didukung oleh Bondowoso Republik Kopi, Becoff Caffee, Tayyo SF, PT Niaga Palapa, dengan media Partner TIMES Indonesia (timesindonesia.co.id), Biro Bondowoso. Lomba berlangsung Minggu (7/10/2018).

lombakicauburung.jpg

Para peserta datang dari Situbondo, Bondowoso, Banyuwangi, Besuki Situbondo, dan komunitas burung berkicau di seluruh Bondowoso.

Suasana diramaikan dengan panitia dan para juri yang menggunakan kaos BRK dengan logo TIMES Indonesia (timesindonesia.co.id), serta door prize kopi Arabika Java Ijen Raung dan Arabika Argopuro.

lomba-kicau-burung-2.jpg

"Kita bekerjasama dengan TIMES dan BRK untuk promosi produk unggulan daerah dan menunjukkan pada masyarakat bahwa komunitas burung itu menjanjikan secara ekonomi," jelas Ketua panitia Zainullah.

Sementara, menurut Moh Hasan, selaku penanggung jawab sekaligus master dalam dunia burung, harga burung yang dilombakan berkisar Rp 5 juta bahkan ada yang mencapai Rp 100 juta.

lomba-kicau-burung-3.jpg

"Mahal karena kicauan dan sering juara. Dan burung yang dilombakan masuk sektor ekonomi kreatif. Adapun jenis burung yang dilombakan diantaranya, Cicak Ijo, Murai, Kenari, Kacer, Cendet, Labet Dewasa, Labet Balibu, Labet Baby pemula," aku Hasan.

Adapun hadiahnya katanya, memang tidak besar tapi mengangkat harga jual burung. Lomba kicau itu dilakukan secara kompetisi dan berjalan fair. "Juara best of the best hanya dapat uang pembinaan Rp 300 ribu dan piagam penghargaan," jelasnya.

lomba-kicau-burung-4.jpg

Yang menilai adalah para juri yang berjumlah 7 orang. Para juri mendengarkan kicauan burung di posisi masing-masing. Lomba disaksikan langsung oleh aneka ragam pengunjung. Mulai dari petani, TNI dan Polri juga asyik mendengarkan kicau burung dalam lomba kicau burung di Bondowoso Republik Kopi itu. (*)

Jurnalis : Moh Bahri
Editor : Yatimul Ainun
Publisher :
Sumber : TIMES Bondowoso

Komentar

Registration