Jum'at, 19 Oktober 2018
Wisata Kedai #Senggrong

Kedai #Senggrong, Jadi Pelopor Bululawang Gerbang Wisata Kabupaten Malang

Kedai #Senggrong, Jadi Pelopor Bululawang Gerbang Wisata Kabupaten Malang Suasana Kedai #Senggrong yang ada di wilayah Bululawabg Gerbang Wisata Kabupaten Malang, Minggu (7/10/2018). (FOTO: TIMES Indonesia)
Minggu, 07 Oktober 2018 - 13:58

TIMESINDONESIA, MALANG – Destinasi wisata yang ada di Kabupaten Malang, Jawa Timur, terus berbenah. Terus banjir wisatawan dan banjir caffe dan kedai untuk memanjakan wisatawan yang datang. Terbukti di wilayah Bululawang sebagai Gerbang Wisata Kabupaten Malang. Kini, telah dibuka Kedai #Senggrong.

Kedai-Senggrong-3.jpg

Lokasi Kedai #Senggrong itu, tepat dipinggir jalan, depan Ponpes Pesantren Annur 2, Desa Krebet Senggrong, Kecamatan Bululawang, Kabupaten Malang.

Masuk kota Bululawang, sebagai Gerbang Wisata Kabupaten Malang, wisatawan langsung disambut Kedai #Senggrong, yang dikelola oleh Darul Mahbar, yang bekerjasama dengan Jhony, seorang pengusahan Property dan distributor bahan bangunan dan juga Kepala Desa Krebet Senggrong, Yuliono alias Niko.

Aneka menu yang disediakan di Kedai #Senggrong. Misalnya, ada nasi Goreng Kades Kesepian, Kades Piknik, Kades Poco-Poco, Kades Malingkundang, Es Milenial, dan aneka kopi unggulan Kabupaten Malang.

Kedai-Senggrong-4.jpg

Daerah Bululawang diketahui sebagai daerah pintu masuk menuju semua destinasi wisata yang ada di Kabupaten Malang. Mulai dari pantai indah dan wisata alam lainnya.

Disekitar Kedai #Senggrong, ada beberapa destinasi wisata alam yang mulai banyak dikunjungi wisatawan. Salah satunya adalah Wisata Talang, yang ada di Desa Krebet Senggrong. Kini destinasi wisata alam itu, terus dikebut pembangunannya.

Wisata Talang itu, menawarkan wisata sungai yang bersih, indah dan aliran air sungainya berada di atas Talang, yang dibangun masa penjajahan Belanda.

Sungai Talang itu, satu-satunya di Indonesia yang sampai saat ini masih indah, kokoh dan terawat. Jembatan paling menakjubkan itu, hanya ada di tujuh di dunia. Seperti jembatan air yang disebut Navigasi Saluran Air yang terdapat di Jerman. Yakni, jembatan yang paling populer disebut Jembatan Magdeburg Water Bridge.

Kedai-Senggrong-2.jpg

Jembatan air tersebut merupakan yang terpanjang dan paling mengesankan di dunia. Saluran air sebelumnya telah digunakan untuk memasok air ke kota sejak berabad-abad, umumnya saluran air tersebut tidak digunakan untuk lalu lintas sampai abad ke-17 ketika sistem kanal yang modern mulai muncul.

Namun, kini jembatan yang sama ditemukan di Kabupaten Malang, Jawa Timur. Jematan Air tersebut terletak di Desa Krebet Senggrong, Kecamatan Bululawang, Kabupaten Malang.

Air yang melintas diatas jembatan itu adalah aliran dari sungai Kedungkandang. Kedalaman air di atas jembatan itu sedalam 1 meter, dengan panjang jembatan 100 meter.

Kedai-Senggrong-5.jpg

"Jembatan Air itu berdiri tahun 1902, yang dibangun oleh pemerintahan Belanda, saat menguasai Indonesia. Jembatan seperti ini hanya ada di Jerman. Yakni Jembatan Magdeburg Water Bridge," jelas Kepala Desa Krebet Senggrong, H Yuliono, ditemui TIMES Indonesia (timesindonesia.co.id), Minggu (7/10/2018).

Rasanya rugi kata Yuliono, jika wisatawan  yang akan berkunjung ke Destinasi Wisata yang ada di Kabupaten Malang jika tak mampir ke Kedai #Senggrong dan Wisata Talang. "Karena Bululawang Gerbang Wisata Kabupaten Malang. Mohon kerjama pemerintah dan semua pihak untuk terus mengembangkan wisata di wilayah Bululawang," harapnya. (*)

Jurnalis : Widodo Irianto
Editor : Yatimul Ainun
Publisher :
Sumber : TIMES Malang

Komentar

Registration