Kesehatan

Reisa Dokter OZ Indonesia Ungkap Pentingnya Menjaga 1000 Hari Pertama Kehidupan

Minggu, 07 Oktober 2018 - 08:16 | 189.33k
dr. Reisa Broto Asmoro mengisi seminar yang digelar Fikes Unitomo, Sabtu (6/10/2018).(FOTO: IST For TIMES Indonesia)
dr. Reisa Broto Asmoro mengisi seminar yang digelar Fikes Unitomo, Sabtu (6/10/2018).(FOTO: IST For TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, SURABAYA – Kehadiran dr Reisa Broto Asmoro yang dikenal sebagai host acara dr OZ, dalam Seminar Nasional yang digelar Fakultas Ilmu Kesehatan Universitas Dr Soetomo (Fikes Unitomo) mendapat sambutan hangat, Sabtu (6/10/2018).

Bertempat di Auditorium Ki H Moh Saleh, kegiatan ini mengangkat tema "Preparing Golden Generation for a Brighter Future". Memberikan pandangan tentang mempersiapkan generasi emas untuk masa depan cemerlang.

Seminar Nasional diikuti sekitar 300 peserta yang terdiri dari mahasiswa Fikes dan bidan di Jawa Timur.

dr-Reisa-Broto-Asmoro.jpg

Dokter Reisa mengungkapkan, bahwa mempersiapkan generasi emas untuk masa depan cemerlang dimulai saat  masa 1000 hari pertama. 

"Jangan sampai salah konsep, masa 1000 hari pertama dimulai saat masa kehamilan, bukan pasca melahirkan," ujarnya.

Dokter Reisa menambahkan, persiapan harus dilakukan sejak dini guna mencegah stunting, yang saat ini telah menjadi permasalahan di Indonesia. 

"Stunting atau gagal tumbuh ini sering diabaikan dan kurang diperhatikan ibu hamil, terlebih dalam pemenuhan nutrisi," imbuh wanita kelahiran Kota Malang tersebut.

Ditegaskan oleh dokter sekaligus model ini, stunting disebabkan karena kekurangan nutrisi secara kronis. Sejak bayi berada dalam kandungan, sang ibu tidak memberikan asupan yang bergizi. Hal itu menyebabkan sang ibu kekurangan gizi, demikian juga sang bayi. 

“Dengan memperhatikan kondisi kehamilan hingga pasca melahirkan, generasi emas yang diharapkan akan tercapai," ungkap Reisa.

Sementara itu, Dharma Putra Perjuangan Banjarnahor, dokter spesialis kandungan menjelaskan usia ibu saat hamil sangat menentukan kondisi bayi yang akan dilahirkan. 

“Bahkan sebelum merencakan kehamilan harus dipersiapkan dengan baik dalam segi kesehatan sang ibu," ujar Dharma.

Menambahkan paparan Reisa Dokter OZ Indonesia dan Dharma, Miftahul Khairoh, Dekan Fikes menjelaskan peran bidan dalam mencetak generasi emas sangat penting dalam penanganan kelahiran bayi. "Bidan ini menjadi sosok yang mengawal generasi penerus sejak awal kehidupan", pungkasnya.(*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Wahyu Nurdiyanto
Publisher : Sholihin Nur
Sumber : TIMES Surabaya

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES