Kesehatan

Rutin Minum Teh Hitam, Ini Manfaatnya untuk Kesehatan

Minggu, 07 Oktober 2018 - 06:15 | 69.65k
Ilustrasi - Manfaat teh hitam untuk kesehatan tubuh (FOTO: shutterstock)
Ilustrasi - Manfaat teh hitam untuk kesehatan tubuh (FOTO: shutterstock)

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Mengonsumsi teh hitam dalam jumlah yang cukup atau diolah lagi bisa bermanfaat untuk kesehatan tubuh

Anda bisa konsumsi 1-2 gelas teh hitam setiap hari. Lantas, apa saja manfaat teh hitam?

Dilansir dari berbagai sumber, berikut manfaat teh hitam yang bisa Anda dapatkan.

1. Menjaga Daya Tahan Tubuh

Teh hitam mengandung banyak antioksidan seperti polifenol. Zat yang ada di setiap daun teh ini membuat daya tahan tubuh meningkat. Radikal bebas yang masuk ke dalam tubuh akan dicegah sehingga pria dan wanita jadi jarang sakit dan kadar lemak di dalam tubuh akan menurun.

2. Meningkatkan Kesehatan Jantung

Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, teh hitam bisa menurunkan kadar lemak di dalam tubuh. Selain kadar lemak, teh hitam juga bisa menurunkan kadar trigliserida hingga 36 persen. Penurunan ini berkaitan langsung dengan kesehatan jantung.

3. Menjaga Kesehatan Pencernaan

Polifenol yang terdapat pada teh hitam bermanfaat untuk menjaga bakteri baik yang ada di saluran pencernaan. Antioksidan itu akan membuat bakteri baik berkembang dengan cepat dan menangkal bakteri merugikan yang ikut masuk  bersama dengan makanan.

4. Menurunkan Tekanan Darah

Dari sebuah penelitian terhadap 343 orang, didapatkan fakta data kalau konsumsi teh hitam selama enam bulan bisa menstabilkan tekanan darah. Konsumsilah teh hitam dan atur pola makan dan gaya hidup dengan baik agar hasilnya maksimal.

5. Menurunkan Risiko Kanker

Teh hitam memang tidak bisa digunakan untuk mengobati kanker. Namun, dari beberapa penelitian menunjukkan kalau polifenol yang terdapat dalam teh bisa menurunkan risiko kanker pada wanita. Kanker serviks dan payudara bisa diturunkan risiko kalau diimbangi dengan gaya hidup yang sehat.

Itulah beragam manfaat teh hitam yang bisa Anda dapatkan untuk kesehatan tubuh. Mulailah kebiasaan minum teh setiap hari. Ingat, usahakan minum teh tanpa gula. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Deasy Mayasari
Publisher : Sholihin Nur

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES