Selasa, 23 Oktober 2018
Pendidikan

SEV E-Kart, Mobil Go-Kart Tenaga Listrik dari Mahasiswa FT UB

SEV E-Kart, Mobil Go-Kart Tenaga Listrik dari Mahasiswa FT UB Mobil SEV E-Kart, mobil Go-Kart bertenaga listrik yang dikembangkan mahasiwa FT UB. (FOTO: Imadudin Muhammad/TIMES Indonesia)
Selasa, 02 Oktober 2018 - 14:27

TIMESINDONESIA, MALANGMahasiswa Teknik Elektro Fakultas Teknik Universitas Brawijaya (FT UB) berhasil mengembangkan sebuah kendaraan Go-kart yang bertenaga listrik yakni E-Kart.

Electric Vehicle, SEV E-Kart (Electric-Kart) TE UB adalah prototype kendaraan listrik cerdas pertama dari UB yang dikembangkan oleh kelompok penelitian kendaraan listrik UB. Penelitian ini melibatkan dosen TEUB, diantaranya Sholeh Hadi Pramono, Waru Djuriatno, Eka Maulana, Wijono, Fakhry Hario, dan Raden Arief Setyawan serta sejumlah mahasiswa yakni Bayu Abdi Pamungkas dan Hafidh Hidayat.

Ketua tim Bagus Abdi Pamungkas, mengatakan E-Kart ini sama dengan Go-kart, dari segi kecepatan atau pun bentuknya. Keunggulan terletak pada pengunaan energi listrik sebagai sumbernya tenaga dan menggunakan sistem android.

Mobil-SEV-E-Kart-2.jpg

"Ini masih kami kembangkan lagi untuk lebih baik. Mulai dari daya baterai, suspensi, hingga motornya," kata Bagus saat ditemui Times Indonesia, Selasa (2/10/2018).

Bagus mengatakan proses penelitian E-Kart ini telah berlangsung selama dua tahun dan menghabiskan dana hingga Rp 800 juta. Namun, meski demikian proses pengembangan lebih lanjut masih akan terus dilakukan.

Mahasiswa semester 5 ini mengungkapkan untuk hasil uji, E-Kart mampu melaju dengan kecepatan hingga 80 kilometer per jam, dengan jarak tempuh 30 kilometer. Mobil yang dibekali baterai 10 Ah (Ampere Hour) hanya memerlukan waktu 1 jam untuk proses pengisian baterai.

tim-pengembang-SEV-E-Kart-FT-UB.jpg

"Sistem android yang digunakan dalam E-Kart ini berfungsi untuk menyalakan dan mematikan mobil, serta memundurkan dan indikator baterai," katanya.

Selain itu, E-Kart buatan mahasiswa FTUB ini juga telah diperkenalkan dalam acara Pengembangan Ilmu dan Teknologi bertajuk Indonesia Supermoto Championship (ISC) 2018 kerjasama Universitas Brawijaya dengan Eslinore yang digelar di UB Dieng 9 September 2018 lalu. (*)

Jurnalis : Imadudin Muhammad
Editor : Faizal R Arief
Publisher : Rochmat Shobirin
Sumber : TIMES Malang

Komentar

Registration