Peristiwa Daerah Kirab Pemuda 2018

Pemenang Kegiatan Pemuda Inspiratif di Polewali Mandar 2018

Minggu, 30 September 2018 - 22:22 | 10.54k
Kegiatan Pemuda Inspiratif di Polewali Mandar, Sulawesi Barat, berakhir Minggu (30/9/2018). (FOTO: suaramerdeka.com/Arif M Iqbal)
Kegiatan Pemuda Inspiratif di Polewali Mandar, Sulawesi Barat, berakhir Minggu (30/9/2018). (FOTO: suaramerdeka.com/Arif M Iqbal)

TIMESINDONESIA, POLEWALI MANDAR – Rangkaian kegiatan Pemuda Inspiratif di Polewali Mandar, Sulawesi Barat, berakhir Minggu (30/9/2018) malam.  Kegiatan ini merupakan salah satu program inti Kirab Pemuda 2018.

Kompetisi mencari pemuda yang paling inspiratif ini dimenangkan Imam Hidayat di kategori putra.  Sementara di kategori putri dimenangkan olah Nurul Aeni.

Menariknya, kalau kategori lombanya di daerah lain sebelumnya berbeda, kali kni bidang garap kedua pemenang sama, yakni ide kreatifnya di bidang teknologi.

Imam Hidayat mampu melakukan presentasi gemilang di hadapan juri saat babak penyisihan. Dengan percaya diri Imam yang berprofesi sebagai dosen di Universitas Sulawesi Barat tersebut mempresentasikan karyananya bernama RefriGreenerator atau kulkas ramah lingkungan

Teknologi itu dia ciptakan sejak tahun 2016. Kala itu Imam sedang melakukan penelitian pertanian di daerah Gowa Sulawesi Selatan.

Imam mengaku butuh waktu satu setengah tahun memilih jenis kayu yang pas. Pilihannya pun jayuh ke kayu Pulai atau yang memiliki nama lain Alstonia Scholaris.

Setelah diteliti, jenis kayu tersebut memiliki karakteristik yang unik sehingga tepat untuk dipilih. 

“Keunikannya bisa menyerap air sehingga dapat menurunkan suhu dalam kotak RefriGreenator. Dengan adanya bahan kayu itu suhu di dalam kotak bisa terjaga di sekitar 25 derajat celcius seperti suhu air," kata Imam.

Sementara itu, Nur Aeni yang menjadi pemenang putri Pemuda Inspiratif Polewali Mandar berhasil menciptakan teknologi tepat guna yaitu obat nyamuk berbahan bunga sukun.

Kreasi Nurul tercipta karena dia melihat banyak sekali bunga sukun yang ada di sekitarnya tidak dimanfaatkan secara maksimal.

Meski demikian ide itu baru dia temukan lima hari lalu tepatnya sesaat sebelum mendaftar Pemuda Inspiratif.

“Bahkan ketika mendaftar saya baru terpikir untuk membuatnya (obat nyamuk). Tapi itu justru jadi tantangan tersendiri,” ungkap mahasiswi semester tujuh jurusan Keperawatan, Stikes Marendeng Majene tersebut. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Wahyu Nurdiyanto
Publisher : Rizal Dani

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES