Minggu, 16 Desember 2018
Peristiwa - Internasional

Rumah Budaya Indonesia di Berlin Gelar Pertunjukan Budaya Jawa Kuno

Rumah Budaya Indonesia di Berlin Gelar Pertunjukan Budaya Jawa Kuno FOTO: Istimewa
Minggu, 30 September 2018 - 21:39

TIMESINDONESIA, JERMAN – Pada minggu pertama di musim gugur 2018, Rumah Budaya Indonesia atau Haus der Indonesischen Kulturen di Berlin menggelar serangkaian acara bernafaskan budaya Jawa kuno abad ke-15 bertajuk "Pangeran Panji Lost and Found". 

Masyarakat Indonesia ataupun Jerman di Berlin dan sekitarnya dapat menikmati suguhan rangkaian acara yang terdiri dari pameran, workshop untuk murid sekolah dan umum, presentasi, pertunjukan seni jantur dengan peserta dari Jerman dan Indonesia, dan masih banyak lainnya. Para penonton dalam kesempatan ini diajak untuk berkenalan dengan Pangeran Panji dan kisah petualangannya. 

Pada Minggu (30/9/2018), rangkaian kegiatan dimulai dengan acara pembukaan pameran yang diselenggarakan di Rumah Budaya Indonesia yang terletak di Theodor-Francke-Straße 11, Berlin.

Dua tarian topeng Panji dari Jawa membuka acara yang diresmikan oleh Bapak Perry Pada yang mewakili Duta Besar KBRI Berlin. Sementara itu, dua kurator dari pameran yaitu Tea Škrinjarić (28) dan Marina Pretković (30) dari Kroasia memperkenalkan secara singkat asal mula pameran dan menjelaskan tentang Wayang Beber.

Tea Škrinjarić dan Marina Pretković merupakan antropolog yang memiliki ketertarikan terhadap seni teater Wayang Beber. Sekitar Juli 2016 hingga Februari 2017 mereka terlibat dalam proyek penelitian tentang Wayang Beber yang tercatat di UNESCO sebagai Daftar Warisan Dunia. Adapun lokasi yang dipilih untuk proyek penelitian mereka adalah Kabupaten Pacitan, Yogyakarta, dan Zagreb di Kroasia.

Pameran bertema "Lost and Found: Indonesian Picture Scroll Theater" sendiri akan dimulai tanggal 1-13 Oktober 2018. Salah satu tujuan pameran ini adalah untuk merevitalisasi suatu bentuk seni dari cerita Panji yang telah hampir punah tetapi ditemukan kembali oleh seniman-seniman muda, yaitu wayang beber.

Wayang beber adalah seni teater gambar gulung. Lukisan-lukisan di atas gulungan kertas menceritakan berbagai adegan dalam kehidupan Panji. 

Pertunjukan "Kidung Panji Biyung Bibi" akan membawa petualangan Panji ke panggung dan menjadi puncak dari rangkaian acara. Pertunjukan sendiri akan digelar pada tanggal 13 Oktober 2018 pukul 18.30 waktu setempat.

Gelaran bernapaskan budaya Jawa kuno seperti pertunjukan wayang kulit, tarian dan nyanyian tradisional akan ditampilkan di Jugendkulturzentrum Pumpe, Berlin, oleh Ensemble Seni Jantur dari Jawa. Kelompok ini diketuai oleh seniman Agus Bimo Prayitno bersama dengan para peserta workshop. (*)

Jurnalis :
Editor : Deasy Mayasari
Publisher : Rochmat Shobirin

Komentar

Registration