Kamis, 13 Desember 2018
Wisata

Empat Spot Wisata di Gunung Bromo yang Instagramable

Empat Spot Wisata di Gunung Bromo yang Instagramable Pengunjung yang sedang Bermain di Laut Pasir atau nama lainnya Pasir Berbisik. (FOTO: Dhina/TIMES Indonesia)
Minggu, 30 September 2018 - 16:06

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Keindahan Gunung Bromo yang terkenal dengan negeri diatas awan terus membius pengunjung. Pemandangan indah saat terbitnya matahari menjadi hal wajib yang ditunggu oleh semua pengunjung.

Gunung Bromo sendiri terletak dalam kawasan Taman Nasional Bromo Tengger Semeru (TNBTS). Empat kabupaten di Jawa Timur masuk dalam kawasan TNBTS, yakni Kabupaten Lumajang, Malang, Pasuruan dan Probolinggo. Jadi untuk dapat ke Gunung Bromo, Anda dapat melalui salah satu dari empat kabupaten tersebut.

Karena lokasinya yang luas, saat berkunjung ke Gunung Bromo Anda tak hanya menikmati matahari terbit saja. Namun ada beberapa spot menarik yang juga wajib Anda kunjungi.

1. Melihat Matahari Terbit di Sisi Gunung Bromo

gunung-bromo-dhina-2.jpg

Melihat matahari terbit ini merupakan salah satu atraksi favorit wisatawan yang berkunjung ke Bromo. Keindahan alam Bromo akan terpancar begitu detik-detik matahari mulai menampakkan semburatnya. Hamparan awan juga turut mewarnai munculnya matahari. Saat itulah kita seakan dibawa ke negeri diatas awan. 

Agar dapat menikmati sensasi negeri diatas awan tersebut, Anda dapat memilih empat tempat. Yaitu Bukit Dingklik, lalu Bukit Cinta, Bukit Kongkog, dan terakhir yang paling tinggi ialah Puncak Pananjakan. Keduanya berada di satu jalur, Kabupaten Pasuruan. 

2. Mengunjungi Pasir Berbisik

gunung-bromo-dhina-5.jpg

Setelah puas menikmati kecantikan matahari terbit, Anda bisa beranjak dengan mobil hardtop offroad ke destinasi Laut Pasir, atau nama lainnya pasir berbisik. Kenapa dinamakan pasir berbisik, Patrik, salah seorang tour guide menjelaskan, lautan pasir dulu sepi, seingga jika diterpa angin akan terdengar seperti bisikan. Istilah pasir berbisik juga mulai tenar saat film Pasir Beribisik yang dibintangi oleh Dian Sastrowardoyo pada 2001 silam.

3. Berfoto di Indahnya Bukit Teletubbies Bukit Teletubbies

gunung-bromo-dhina-3.jpg

Salah satu Karst Tengger yang berbentuk unik ialah Bukit Teletubbies. Bukit ini dinamakan Teletubbies karena bergelombang seperti dalam film tersebut. Wisatawan bisa berfoto di kawasan ini dengan latar karst yang istimewa. 

4. Melihat Indahnya Kawah Bromo

gunung-bromo-dhina-4.jpg

Untuk dapat melihat kawah Bromo, Anda harus mendaki Gunung Bromo terlebih dahulu. Namun tenang saja, jangan anggap Gunung Bromo seperti gunung lain yang sukar untuk didaki. Telah tersedia tangga lengkap dengan pegangan besi yang mempermudah Anda. 

Karena memliki suhu yang dingin, Anda dianjurkan memakai pakaian yang tebal, serta penutup kepala dan sarung tangan. Meski meski begitu ada jasa sewa selimut dan jaket yang dijajakan warga setempat. 

Wisata di Gunung Bromo ini sungguh memberikan kesan istimewa yang tak bisa dilupakan. (*)

Jurnalis : Dhina Chahyanti
Editor : Dhina Chahyanti
Publisher : Lucky Setyo Hendrawan

Komentar

Registration