Peristiwa Internasional

Fasilitas Pendukung IMF-World Bank Rampung, Bandara Bali Gelar Upacara Melaspas

Jumat, 28 September 2018 - 14:16 | 93.42k
Bandara I Gusti Ngurah Rai Bali, menggelar upacara adat melaspas setelah rampungnya proses pembangunan fasilitas  untuk kegiatan internasional Annual Meeting IMF-World Bank. Jumat (28/9/2018).(FOTO: Istimewa)
Bandara I Gusti Ngurah Rai Bali, menggelar upacara adat melaspas setelah rampungnya proses pembangunan fasilitas untuk kegiatan internasional Annual Meeting IMF-World Bank. Jumat (28/9/2018).(FOTO: Istimewa)

TIMESINDONESIA, DENPASARBandara I Gusti Ngurah Rai Bali, menggelar upacara adat Melaspas setelah rampungnya proses pembangunan fasilitas dan bangunan yang dipersiapkan untuk kegiatan internasional Annual Meeting IMF-World Bank, pada bulan Oktober 2018 mendatang.

Fasilitas tersebut termasuk pembangunan apron sisi barat dan apron sisi timur. Upacara Melaspas ini dilakukan sesuai dengan kepercayaan Agama Hindu, bahwa fasilitas dan bangunan yang baru selesai dibangun akan dilakukan pembersihan dan penyucian bangunan secara tradisi yang ada di Bali. 

Selain itu, upacara Melaspas merupakan upacara adat yang dilakukan untuk mewujudkan rasa syukur dan mendoakan fasilitas dan bangunan yang baru yang dimiliki oleh Bandar Udara I Gusti Ngurah Rai sebagai sarana penunjang pegelaran Annual Meeting IMF-Wordl Bank 2018 dan kegiatan operasional yang akan dilaksanakan di Bandar Udara I Gusti Ngurah Rai.

Bandara-Ngurah-Rai-2.jpg

General Manager Bandar Udara I Gusti Ngurah Rai Yanus Suprayogi mengatakan, bahwa di Bali yang kental dengan adat istiadatnya wajib mengadakan ritual upacara melaspas sebelum dipergunakannya bangunan dan fasilitas secara keseluruhan. 

"Sebelumnya kami sudah melakukan  upacara prayascita untuk Apron Barat dan Apron Timur, dan pada hari ini dilakukan upacara melaspas secara keseluruhan untuk fasilitas pendukung," ucapnya, Jumat (28/9/2018).

Upacara Melaspas ini dilakukan pada bangunan dan fasilitas antara lainnya adalah Apron sisi Barat, Apron sisi Timur, Sewage Treatment Plant (STP), Gedung VVIP, Base Ops TNI AU I Gusti Ngurah Rai, Line Maintenance Airlinedan Gedung parkir bertingkat. Fasilitas dan bangunan ini merupakan proyek yang telah dilakukan sejak Januari 2018 dan siap dioperasikan pada akhir September 2018.

“Dengan selesainya pembangunan fasilitas penunjang Annual Meeting IMF-Word Bank 2018 di Bandar Udara I Gusti Ngurah Rai ini, selain memohon keselamatan, upacara Melaspas ini juga bertujuan agar segala kegiatan yang berlangsung di Bandar Udara dapat berjalan dengan lancar tanpa adanya suatu hambatan,” harap Yanus.

Berakhirnya upacara Melaspas di Bandar Udara I Gusti Ngurah Rai, juga menandai berakhirnya rentetan upacara adat yang dimulai dari adanya upacara Prayascita, Byakala Durmangala, dan Upacara Mecaru.

Hal ini juga menyatakan bahwa fasilitas dan bagunan baru yang dimiliki oleh Bandar Udara I Gusti Ngurah Rai telah siap untuk diresmikan dan akhirnya digunakan untuk pegelaran Annual Meeting IMF-World Bank 2018 dan kegiatan operasional secara keseluruhan. 

“Selanjutnya, acara peresmian akan dilakukan sampai dengan waktu yang belum ditentukan. mengingat proyek pembangunan fasilitas ini merupakan salah satu  infrastruktur pendukung Annual Meeting IMF-World Bank 2018,  dan kami harap acara peresmian segera dilakukan,” tutup Yanus (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Wahyu Nurdiyanto
Publisher : Sholihin Nur
Sumber : TIMES Bali

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES