Wisata

Jalan-Jalan Ke Lombok? Berikut Tips Menarik untuk Anda yang Ingin Backpacker-an

Rabu, 26 September 2018 - 17:07 | 48.49k
Pantai Mandalika Lombok. (FOTO: Dok TIMES Indonesia)
Pantai Mandalika Lombok. (FOTO: Dok TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Menjadi backpacker tak hanya bermodal nekat, apalagi kalau Anda masih pemula. Dibutuhkan tips-tips tertentu agar  nantinya acara liburan tidak menjadi berantakan. Untuk yang sudah punya jadwal berlibur ke Lombok, berikut tips menarik yang bisa Anda simak. 

1.    Sediakan Waktu Setidaknya 3 Hari

Rasanya kurang puas bila hanya menikmati keindahan Lombok dalam satu hari. Setidaknya, dibutuhkan minimal 3 hari khususnya untuk Anda yang melakukan backpacker. Nah, guna mengakali waktu yang terbatas itu, Anda harus pintar-pintar mengatur jadwal perjalanan. Sebab itu, sebelum berangkat, ada baiknya jadwal perjalanan telah tersusun dengan rapi. 

Bila baru pertama pergi ke Lombok, Anda bisa memilih tempat wisata yang sudah populer seperti Gili Trawangan dan Pantai Kuta. Karena sudah terkenal, otomatis sudah banyak orang ke sana sehingga pencarian transportasi umum dan aksesnya pun jauh lebih mudah.

2.    Susun Daftar Perjalanan beserta Biayanya

Setelah mengalokasikan waktu berlibur, saatnya Anda merinci jadwal perjalanan Anda. Mengingat ada puluhan tempat wisata di Lombok yang begitu indah, hal tersebut bisa saja membuat Anda kalap. Mulailah mencari informasi terkait objek wisata yang dituju; meliputi harga, akses, dan sarana transportasi umum beserta tarifnya. Ya, biaya memang menjadi hal utama yang harus diperhitungkan oleh seorang backpacker.  

Oh iya, liburan tak harus berkunjung ke suatu tempat, mencicipi olahan khas juga bisa jadi alternatif untuk mengisi waktu Anda selama di Lombok, lho. Ada beberapa makanan khas terkenal yang layak dicoba. Sebut saja ayam taliwang, nasi balap puyung, sate rembiga, sate tanjung, serta poteng jaje tujak dan iwel yang cocok untuk makanan penutup. 

3.    Siapkan Perlengkapan untuk Bermain di Pantai

Berhubung Lombok identik dengan pantai-pantai cantik, kurang afdal bila Anda tidak berkunjung ke salah satu di antaranya. Apalagi bagi Anda penggemar snorkeling atau diving, jangan sampai terlewatkan menyelami kehidupan bawah lautnya yang memesona.

Nah, sebelum berangkat, persiapkan peralatan yang wajib dibawa ke pantai. Salah satunya adalah sunblock yang akan melindungi kulit dari bahaya sinar matahari, plus bawa juga topi atau payung. Bagi Anda yang suka update, membawa kamera underwater bisa jadi hal yang menguntungkan. Ya, Anda bisa memamerkan foto menyelam bersama ikan-ikan dan karang-karang cantik di halaman media sosial.

4.    Berburu Tiket Pesawat Murah

Pesawat menjadi akomodasi tercepat untuk Anda yang datang dari luar pulau. Melihat perkembangan masyarakat modern yang menjadikan liburan sebagai gaya hidup membuat pihak maskapai berlomba-lomba menawarkan tiket berlabel promo. Apalagi kalau Anda pergi ke tempat yang banyak dikunjungi oleh wisatawan seperti Lombok.

Informasi promo penerbangan pun bukanlah hal yang sulit dicari karena sudah banyak bertebaran di internet. Selain promo, harga tiket pesawat juga bisa dipengaruhi oleh waktu pemesanan. Untuk itu, hindari membeli tiket secara mendadak karena harganya bisa sangat mahal. 

5.    Cari Hotel Murah untuk Menekan Pengeluaran

Berbicara tentang penginapan sudah pasti berkaitan dengan anggaran perjalanan. Kalau Anda bisa dapat penginapan murah, tentu bisa menekan biaya pengeluaran agar tidak membengkak bukan? Karena itu, backpacker zaman now wajib punya aplikasi bernama Airy Rooms, sebuah aplikasi keren yang memungkinkan Anda untuk mendapatkan hotel murah di Lombok.

Airy.jpg

Hotel yang berada di bawah jaringan Airy ini dilengkapi dengan servis yang mumpuni, lho. Mulai dari cara pemesanan dan pembayarannya yang begitu mudah hingga menyediakan perlengkapan menginap seperti alat mandi, air minum gratis, TV, AC, tempat tidur nyaman, dan tak ketinggalan wifi gratis untuk menggunggah hasil jepretan.

Itu dia 5 tips backpacker sederhana yang bisa Anda praktikkan. Satu lagi, ke mana pun Anda pergi, usahakan untuk selalu menjaga kebersihan agar keelokannya tetap terjaga. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Yatimul Ainun
Publisher : Rizal Dani

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES