Peristiwa Nasional

BPS RI: Data dan Statistik Penting bagi Pembangunan

Rabu, 26 September 2018 - 14:15 | 125.49k
Kepala BPS RI, Kecuk Suhariyanto (FOTO: Dok/TIMES Indonesia)
Kepala BPS RI, Kecuk Suhariyanto (FOTO: Dok/TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Pada peringatan Hari Statistik Nasional (HSN) 2018, BPS RI (Badan Pusat Statistik) mengingatkan arti penting data dan statistik bagi pembangunan Indonesia.

Kepala BPS RI, Kecuk Suhariyanto mengatakan, statistik penting bagi perencanaan berbagai bidang, baik sosial, ekonomi, maupun lingkungan.

"Tanpa itu, tidak mungkin kita buat perencanaan yang jelas mengenai capaian pembangunan dan pengawasannya," ujar Kecuk Suhariyanto, Rabu (26/9/2018) di Jakarta.

BACA JUGA: 26 September, Indonesia Peringati Hari Statistik Nasional

Dalam beberapa bulan terakhir, kata dia, banyak bermunculan data-data yang berasal dari berbagai pihak, dan tidak bisa ditelusuri konsep metodologinya.

BPS RI mendorong kegiatan statistik dilakukan sesuai kaidah yang berlaku, dengan konsep dan metodelogi yang baku, sehingga hasilnya bisa dipertanggungjawabkan.

Menuju ke arah itu, lanjutnya, penyelenggara statistik harus berkiblat kepada 6 (enam) dimensi yaitu relevansi, akurasi, komparabilitas, aktualitas, tepat waktu, dan aksesibilitas.

Saat ini, BPS RI tengah menyusun Strategi Nasional Pembangunan Statistik Indonesia 2020-2024, dalam upaya membangun perstatistikan Indonesia. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Wahyu Nurdiyanto
Publisher : Rizal Dani
Sumber : Antara News

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES