Peristiwa Daerah

Hari Jadi ke-343, Pemkab Magetan Gelar Festival Musik Ledhug

Selasa, 25 September 2018 - 22:37 | 108.36k
Aksi peserta dalam Festival Ledhug Suro Magetan. (FOTO: MK Adinugroho/TIMES Magetan)
Aksi peserta dalam Festival Ledhug Suro Magetan. (FOTO: MK Adinugroho/TIMES Magetan)

TIMESINDONESIA, MAGETAN – Dalam rangka memperingati Hari Jadi ke- 343 Kabupaten Magetan. Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Magetan gelar festival pertunjukan Seni Musik Ledhug tahun 2018, Selasa (25/9/2018).

Giat tersebut diadakan di alun-alun kota Magetan. Dimulai sekitar pukul 13.30 WIB, hingga malam hari dan diikuti oleh para peserta dari 18 kecamatan di Kabupaten Magetan. 

Acara pagelaran Seni Ledhug berlangsung meriah. Nyatanya, atraksi panggung para peserta mengundang decak kagum serta memukau ratusan penonton yang sengaja hadir untuk menyaksikan acara tersebut.

Festival pertunjukan Seni Ledhug ini diselenggarakan dengan tujuan untuk menumbuhkembangkan musik tradisional yang pada saatnya dapat sejajar dengan seni modern. Selain itu, dapat menjadi wahana pembentukan jati diri seni budaya khas Kabupaten Magetan.

"Festival ini memberi ruang agar nilai-nilai sejarah itu tidak hilang, tak hanya itu perpaduan bedug dengan lesung adalah salah satu kesenian tradisi budaya Indonesia, Karena bedug identik dengan agama dan lesung identik dengan Jawa" ujar Bupati Magetan, Suprawoto kepada TIMES Indonesia.

Menurut Suprawoto, Musik Ledhug adalah tetabuhan alat lesung dan bedug serta dipadukan dengan instrumen perkusi dan pentonis yang relevan. Sehingga tercipta harmonisasi untuk mengiringi vokal maupun paduan suara.

"Acara ini selain dalam rangka memperingati Hari Jadi ke- 343 Kabupaten Magetan, juga dalam rangka tahun baru Jawa 1 Suro 1952 Saka dan Tahun Baru Islam 1 muharam 1440 H pada tahun 2018," tuturnya.

Sementara itu, tidak ada batasan usia bagi peserta yang mengikuti pagelaran itu. Mereka adalah perwakilan dari sanggar seni yang ada di seluruh kecamatan di Kabupaten Magetan.

Ada beberapa kriteria penilaian dalam festival pertunjukan Seni Musik Ledhug tahun 2018. Diantaranya, inovatif, kreatifitas, penyajian, penampilan, dan keharmonisan. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Faizal R Arief
Publisher : Rizal Dani
Sumber : TIMES Magetan

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES