Kesehatan

Tak Kalah dengan Daging Buahnya, Biji Buah Pepaya juga Kaya Manfaat, Lho!

Rabu, 26 September 2018 - 02:55 | 78.24k
ILUSTRASI. (FOTO: VIX)
ILUSTRASI. (FOTO: VIX)

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Sama seperti daging buahnya, biji pepaya juga aman untuk dikonsumsi. Biji buah pepaya juga memiliki manfaat untuk kesehatan tubuh. Ada beberapa cara untuk makan biji pepaya. Anda bisa makan biji buah beserta dengan dagingnya sekaligus agar mudah ditelan. Bisa juga bijinya Anda gerus sampai lumat supaya lebih halus.

Ada berbagai manfaat baik yang bisa Anda dapatkan dari biji buah pepaya. Apa saja? Dilansir dari Hello Sehat, berikut manfaat biji buah pepaya untuk kesehatan.

1. Melindungi Fungsi Ginjal

Ginjal adalah organ tubuh yang bertugas untuk menyaring cairan yang masih dan yang tidak diperlukan lagi dari dalam tubuh. Uniknya, ternyata biji buah pepaya diyakini mampu melindungi dan menjaga kesehatan serta fungsi ginjal Anda.

Sebuah penelitian dalam Journal Molecules menyebutkan bahwa kandungan tinggi antioksidan dalam biji buah pepaya bisa menghambat kerusakan sel-sel ginjal sehingga menjaga kesehatannya.

2. Menjaga Kesehatan Pencernaan

Tidak berbeda jauh dengan daging buahnya, biji buah pepaya juga merupakan sumber serat yang baik. Seperti yang mungkin sudah Anda tahu, asupan serat berperan penting untuk menjaga kesehatan pencernaan. Di sisi lain, Anda akan lebih mudah buang air besar dan terhindar dari sembelit (susah buang air besar).

Makanan kaya serat juga diyakini dapat menghindari penyakit radang usus, mencegah luka usus, hingga menurunkan gejala wasir.

3. Mengurangi Risiko Kanker

Manfaat makan biji pepaya lainnya adalah bisa mengurangi risiko tumbuhnya sel-sel kanker. Sebuah penelitian pada tahun 2014 yang diterbitkan dalam Nutrition and Cancer membuktikan hal ini. Faktanya, biji pepaya punya sifat antikanker berkat segudang nutrisi dan antioksidan di dalamnya.

4. Melawan Infeksi

Manfaat biji pepaya untuk kesehatan tubuh yang lainnya adalah dipercaya dapat memerangi infeksi yang disebabkan oleh jamur dan parasit tertentu. Minum ekstrak biji pepaya kering bersama dengan madu ternyata juga efektif untuk membunuh parasit yang bersarang di usus sehingga melancarkan kerja usus. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Deasy Mayasari
Publisher : Lucky Setyo Hendrawan
Sumber : Hello Sehat

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES